Minggu, 09 Juni 2013

JR # 4 BOOTSTRAPPING,,




Bootrapping

Bootstrap adalah suatu cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha, biasanya berasal dari kantong sendiri, saudara atau teman.


Bootstrapping juga disebut bisnis modal dengkul.Dimana kita mempunyai suatu keinginan membuat bisnis tanpa modal , dengan langkah visi  dan penting nya konsep awal.Bootstrapping  suatu cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha, biasanya berasal dari kantong sendiri, saudara atau teman.


Setelah kita berhasil melakukan Analisis swot dengan memanfaatkan teory Efektuasi kita melaju ke Bootstrapping  .Buat saya ,rasanya seperti persiapan lebih dekat untuk menapaki usaha bisnis kita .
Dengan cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha .Ada banyak cara bootstrapping lainya .Tapi yang paling mudah di ingat , mudah dilakukan dan sedikit mengambil resikonya

Keuntungan mengumpulkan modal dengan cara ini antara lain tidak ada beban hutang ,mengurangi campur tangan orang lain sehingga kita memiliki kendali utuh atas usaha tersebut dan jangka waktu pengembalian modal yang fleksibel .

Kita memerlukan waktu yang relatif lama karena modal dikumpulkan dari beberapa orang ,sehingga kita memiliki kendali utuh atas usaha kita nanti .

Teori efectuasi kami gunakan untuk media promosi yang membuat kami behemat biaya promosi .

Dengan metode Bootstrapping ini saya dapat memulai usaha dan mewujudkan ide, walaupun itu usaha skala kecil tapi bila dilakukan dengan benar tidak mustahil akan berkembang menjadi besar suatu saat.
Bootstrapping menurut saya bisnis modal dengkul  dengan tekad ,niat dan tahu bagaimana kita mengatur alur bisnis kita supaya terwujud . Dan siap juga untuk gagal ,cerita saya waktu di PT JAYA TIASA , dengan uang pas-pasan saya sudah ada pelanggan ceritanya begini ,


Peyek kacang 
Jual peyek kacang  sebagai contoh metode bootstraping .
Saya pernah melakukan jualan peyek khas bantul yang bentuknya bulet 'renyah dan gurih dan didaerah-daerah tertentu langka dengan jenis peyek ini , disini saya gak ada modal untk memenuhi pesanan akhirnya setiap ada pesanan ku minta bayar separo dulu 'akhirnya saya kuwalahan karena banyak pesanan saya ambil pekerja 1(mb suti dari bantul )  untuk membantu dan alkhamdulilah lancar dapat untung . Dari ke untungan itu saya kembangkan bikin peyek yang saya titipkan ke warung warung sayur disekitar asrama ' itulah konsep awal saya menggunakan bootstrapping.

Untuk bootstraping saya tidak usah sewa tempat untuk barang dagangan saya , dan untuk memasak peyek saya sudah ada di dapur asrama .jadi saya hanya mengembangkan dana dari pesanan .Dalam satu minggu bisa menerima pesanan 100 bungkus ( 1 bungkus isi 6 pcs) dan kelebihannya saya titipkan diwarung-warung jualan sayur  dekat asrama .

(^-*),,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar