Kamis, 27 Juni 2013

JR # 6 MEMAHAMI PENTINGNYA CASH FLOW ( ARUS UANG )


Pengertian cash flow dan penyusunannya.
Maksud dari Cash flow (aliran kas) adalah “sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari kegiatan/aktivitas atau transaksi bisnis perusahaan juga dapat didefinisikan sebagai aliran kas yang terdiri dari aliran masuk(debit) dalam perusahaan dan aliran kas keluar(kredit) perusahaan termasuk juga berapa saldonya setiap periode.

Fungsi dari cash flow antara lain adalah:

SEBAGAI  fungsi likuiditas dimana dana yang ada untuk tujuan/rencana memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa dicairkan dalam waktu cepat tanpa ada pengurangan investasi awal.

BERFUNGSI sebagai anti inflasi dimana dana yang disimpan untuk menghindari resiko turunnya daya beli di masa akan datang.

CAPITAL growth yang diperuntukkan untuk menambahkan aset-aset di masa akan datang.

Aliran kas(cash flow) pada awal investasi suatu perusahaan adalah untuk kebutuhan awal bisnis seperti tanah,alat-alat kantor,mobil untuk transportasi dan lain-lain.Aliran awal itu disebut pengeluaran(cash flow out).

Sementara pada aliran kas pada operasionalnya seperti penjualan,pembelian,biaya umum serta kebutuhan administrasi.Disini terjadinya aliran kas keluar dan juga aliran kas yang masuk.

Terminal cash flow pula adalah aliran kas yang berkaitan dengan sisa proyek yang mengandungi sisa proyek serta sisa modal kerja seperti penjualan peralatan-peralatan proyek.

KETERBATASAN
Cash flow mempunyai beberapa keterbatasan-keterbatasan antara lain;
a)  Komposisi penerimaan dan pengeluaran yang dimasukan dalam cash flow hanya yang bersifat tunai.
b) Perusahaan hanya berpusat pada target yang mungkin kurang fleksibel
c) Apabila terdapat perubahan pada situasi internal maupun eksternal dari perusahaan yang dapat mempengaruhi estimasi arus kas masuk dan keluar yang seharusnya diperhatikan, maka akan terhambat karena manager hanya akan terfokus pada budget kas misalnya; kondisi ekonomi yang kurang stabil, terlambatnya customer dalam memenuhi kewajibanya.
MANFAAT
Adapun kegunaan dalam menyusun estimasi cash flow dalam perusahaan sangat berguna bagi beberapa pihak terutama manajement. Diantaranya:
1) Memberikan seluruh rencana penerimaan kas yang berhubungan dengan rencana keuangan perusahaan dan transaksi yang menyebabkan perubahan kas.
2) Sebagian dasar untuk menaksir kebutuhan dana untuk masa yang akan datang dan memperkirakan jangka waktu pengembalian kredit.
3) Membantu menager untuk mengambil keputusan kebijakan financial.
4) Untuk kreditur dapat melihat kemampuan perusahaan untuk membayar kredit yang diberikan kepadanya

Ada empat langka dalam penyusunan cash flow, yaitu :
1. Menentukan minimum kas
2. Menyusun estimasi penerimaan dan pengeluaran
3. Menyusun perkiraan kebutuhan dana dari hutang yang dibutuhkan untuk menutupi deficit kas dan membayar kembali pinjaman dari pihak ketiga.
4. Menyusun kembali keseluruhan penerimaan dan pengeluaran setelah adanya transaksi financial dan budget kas yang final.


Laporan arus kas (cash flow) mengandung dua macam aliran/arus kas yaitu :

1. Cash inflow
Cash inflow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang melahirkan keuntungan kas (penerimaan kas). Arus kas masuk (cash inflow) terdiri dari:
•    Hasil penjualan produk/jasa perusahaan.
•    Penagihan piutang dari penjualan kredit.
•    Penjualan aktiva tetap yang ada.
•    Penerimaan investasi dari pemilik atau saham bila perseroan terbatas.
•    Pinjaman/hutang dari pihak lain.
•    Penerimaan sewa dan pendapatan lain.

2. Cash out flow
Cash out flow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas. Arus kas keluar (cash out flow) terdiri dari :
•    Pengeluaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya pabrik lain-lain.
•    Pengeluaran biaya administrasi umum dan administrasi penjualan.
•    Pembelian aktiva tetap.
•    Pembayaran hutang-hutang perusahaan.
•    Pembayaran kembali investasi dari pemilik perusahaan.
•    Pembayaran sewa, pajak, deviden, bunga dan pengeluaran lain-lain.
Laporan arus kas ini memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran kas dari perusahaan dari suatu periode tertentu, dengan mengklasifikasikan transaksi berdasarkan pada kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Disini saya juga belajar mengenai teori TUWAGAPATMA = wakTU,WAng,tenaGA secara tePAT dan heMAt dalam mengelola usaha ritel. Selain itu juga menerapkan teori "Strategi Istri Teladan" dimana kita harus bisa mengelola belanja bulanan yaitu : tidak boleh terjadi antara pendapatan = pengeluaran, kita juga harus bisa menabung,dan mengubah gaya hidup kita.
Ini sangat membuka pikiran saya untuk memperbaiki .

Beda antara Laba Rugi dengan Arus kas :
Laporan laba /rugi  yaitu untuk mengetahui untung / rugi dari kegiatan bisnis kita
Laporan Arus kas : yaitu Untuk mengetahui berapa uang yang kita miliki di masa tertentu .

Jadi untuk pengaturan keuangan pribadi maupun usaha saya nantinya, sangatlah penting untuk diperhatikan . Selama ini gaya hidup saya sewaktu di luar negeri termasuk boros, sering menggunakan uang tidak dengan hemat malah terkesan berlebihan yaitu lebih menuruti keinginan dari pada kebutuhan dalam membeli suatu barang . Yah dari sini saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan selama ini adalah salah dan saya ingin memperbaikinya, terutama dalam usaha yang akan saya rencanakan nantinya.

Untuk mengatur atau mengelola belanja bulanan kita bisa bedakan antara pendapatan pemasukan ,pendapatan pengeluaran ( pengeluaran belanja )seperti contoh saya di bawah ini :

LAPORAN LABA RUGI ( PERBULAN / PERTAHUN )
Pendapatan -beban /biaya = laba / rugi 

Pendapatan ;
                    > Pendapatan operasional
                    > Lain-lain 
Beban /Biaya :
                     > Biaya tetap 
                     > Biaya variabel 
                     > Biaya bank 
                     > lain -lain 
Keuntungan : ..........................???
dan selanjutnya , dari bulan  ke bulan berikutnya 

Untuk Pembukuan sederhana 

Debet                                             Buku kas 
                        kredit 
Tanggal     rekening       jumlah      tanggal    rekening     jumlah

misalnya bulan  april  saldo berapa ? bayar upah karyawan ?
penjualan berapa ?? bayar cicilan ?
 Semua bisa tertulis dengan rapi untuk memudahkan Arus uang kita nantinya : ............

Terkadang kita binggung mau mengatur keuangan diri kita sendiri ,tapi setelah belajar kita sedikitnya tahu dan mengerti .Saya tidak  akan lagi mencampur adukan uang pribadi dengan uang usaha saya, cukup sudah saya mengalami kegagalan dalam usaha sampingan selama bekerja di luar negeri dimana hasilnya sering saya gunakan untuk membeli barang-barang kesukaan seperti tas,baju dll. Akhirnya tanpa saya sadari saya kehabisan modal, ditambah lagi saat itu saya belum tau tentang pentingnya "Cash Flow" dalam suatu usaha .

Selagi kita berusaha pasti kita akan berhasil , Rajin membaca akan menambah wawasan , walau kadang saya harus ngumpet di dapur tetapi saya engak akan putus asa .

Terimakasih saya ucapkan kepada bapak Nur agustinus dan ibu dosen  Poedji yang telah memberikan materi ini sehingga saya mengetahui tentang mengatur arus uang kita , mudah-mudahan dengan ilmu yang saya dapat sekarang saya dapat memperbaiki kesalahan dan memulai usaha dengan lebih baik lagi. mohon saran dan kritiknya. Terimakasih dan Salam Entrepreneur
Untuk temen yang sudah mampir di blog ayuk ucapin banyak terimaksh !!
semoga menambah pengetahuan *_^,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar