Sabtu, 06 Juli 2013

JR # 8 STP (SEGMENTING ,TARGETING ,POSITIONING )


Dalam marketing salah satu langkah awal yang dilakukan adalah melakukan STP
yaitu Segmenting Targeting Positioning

Apakah Segmenting Targeting Positioning itu ?
Hal ini berkaitan dengan siapakah pelanggan yang ingin dibidik oleh perusahaan

Segmentation adalah proses mengelompokkan pasar bedasarkan kategori-kategori tertentu. By segmenting your market you can better match supply and demand . Segmentasi dilakukan berdasarkan geografi, demografi, tingkat pendapatan, psychographic, tingkah laku, status pemakai, tingkatan konsumen, dan status kesetiaan pelanggan.

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Dalam proses ini perusahaan mempertimbangkan apakah akan memilih segmen massal, beberapa segmen, segmen kecil, dan segmen sangat kecil. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih segmen yaitu sumber daya perusahaan, variasi produk perusahaan, product life cycle stage, variasi pasar dan strategi pesai.

Positioning adalah Penanaman suatu produk di benak konsumen . Positioning is how marketers influence customer’s perceptions of a product on service . Tujuan posisi yang bisa dipilih oleh perusahaan , yaitu memperkuat dan memperluas posisi perusahaan yang sekarang, membuat posisi baru yang belum dibuat oleh perusahaan lain, melakukan reposisi dalam persaingan, dan menciptakan eksklusifitas.

Contohnya KFC

Segmentasi
Demografi segmentasi, KFC menawarkan produk berbeda seperti Happy Meal yang memberikan mainan gratis kepada anak-anak. KFC telah membuat lingkungan yang cocok bagi siswa sekolah untuk bergaul dengan teman-temannya dan bisa mendapatkan makan siang mereka di KFC
Psychographic segmentation, dengan adanya KFC kini konsumen bisa menikmati makan dengan suasana dan kenyamanan yang berbeda sehingga mampu mengubah gaya hidup konsumen menjadi pribadi yang berkelompok dan bisa mengubah kelas social mereka

Targeting
Pria dan wanita, anak-anak, mahasiswa dan keluarga. Mereka juga membuat KFC sebagai tempat bersantai dan bahkan hiburan

Positioning
KFC telah diarahkan sebagai restoran keluarga. Dimulai diposisi anak-anak dengan memperkenalkan iklan baru mainan dengan produk Happy Meal. Kini anak muda dan dewasa telah menerima kehadiran kfc sehingga KFC memposisikan sebagai tempat untuk segala usia

STP ini secara singkat adalah membagi2 masyarakat kemudian memilih target market yang dianggap menguntungkan lalu membangun persepsi di benak pikiran para target market ini sesuai dengan yang diinginkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar