Sabtu, 06 Juli 2013

Pentingnya Promosi Word of Mouth



Word of Mouth atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan.  Beberapa orang pemasar mempunyai pandangan yang skeptis dan memandang rendah promosi macam ini, karena seringkali promosi macam ini memerlukan biaya yang sangat kecil, dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali.  Promosi macam ini juga bisa cukup memberikan tantangan kepada macam promosi yang lain yang memerlukan biaya besar, seperti halnya iklan / advertising, dimana bila anda menginginkan visual, promosi, atau awareness yang tinggi, maka anda harus selalu membayar lebih.

Ceritanya abis kuliah on line yang dipandu oleh beliau  bpk Nur agustinus dan bu dosen poedjiati , engak bisa tidur langsung ambil kesimpulan buat blog isi jurnal , biar tidak terbentur tugas yang baru , menyingkapi tugas mingu ke 7-8 adalah kuis , tapi detail dulu untuk asyik baca modul , walau ngantuk ,capek gak terasa lembur jamaah sampe jam 3 pagi ,Bahas tentang promosi mulut ke mulut ,, kita lanjut aja ya .

Promosi mulut ke mulut ini dapat dibagi menjadi dua aspek, yaitu volume dan konten.  Diantara dua aspek tersebut, volume adalah yang terpenting.  Untuk dapat meneliti aktivitas  word of mouth, disarankan untuk mengamati arah, jangkauan, tingkat aktivitas, dan nada / tone dari volume suara yang ada.

Jika informasi benar tersedia dalam word of mouth, setiap keputusan baru harus dibuat tentang bagaimana kita harus bereaksi.  Sebuah saran untuk para marketer, yang mempunyai pengetahuan tentang word of mouth mengenai suatu perusahaan atau produk, harus menanyakan kepada diri mereka, “Apakah ini masalah komunikasi atau performance?”.  Komunikasi lebih sulit untuk diperbaiki karena mereka berada di luar kontrol langsung perusahaan.  Masalah performance dapat dikoreksi dengan lebih cepat, tapi penting untuk memberitahu pelanggan dan publik mengenai hal tersebut.  Perusahaan dianggap perlu memahami akan pentingnya word of mouth ini untuk kesuksesan dan perkembangan perusahaan tersebut.

Jaman sekarang dimana para pelanggan dibanjiri dengan ribuan pesan iklan atau komersial serta pesan pribadi, maka promosi word of mouth dari orang-orang yang mereka percaya amatlah penting.  Promosi ini dapat secara signifikan membantu bagaimana produk dan jasa bisa dibeli, persepsi pelanggan dapat dibentuk, dan tren baru juga dapat terbentuk.

Promosi dari mulut ke mulut yang berasal dari orang lain yang dipercaya oleh seorang pelanggan dapat menjadi ‘berkah’ tersendiri bagi para marketer.  Hampir setiap organisasi mengetahui benar value dan dampak yang dapat ditimbulkan akan promosi dari pihak lain yang sudah dipercaya benar oleh pelanggan

Saya memberi contoh ,tentangga saya seorang penjual jamu gendong keliling kampung sudah bertahun lamanya .Tetanga saya juga banyak pelanggan juga karena promosi dari mulut ke mulut  sehingga banyak langganan. Para pelanggan setiap ada acara reoni keluarga dan acara yg lain pasti datang dan memesan jamu gendong tersebut .Jadi promosi seperti ini adalah promosi yang murah dan hemat biaya namum hasilnya luar biasa.

MARKET MIX

Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.
Dalam hal ini Swastha (1985 : 94) memberikan pengertian marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Selanjutnya Kotler (1985 : 45-48) mengemukakan bahwa marketing mix dapat dibagi menjadi 4 P sebagai berikut :
1 Product (Produk)
2 Price (Harga)
3 Place (distribusi/tempat)
2 Promotion (promosi)
Keempat produk di atas merupakan penentu dalam menganalisa pasar secara keseluruhan, selanjutnya penulis akan menguraikan keempat komponen di atas sebagai berikut :

1 Product (produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.


2  Price (harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

3 Place (distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa.Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen.
Basu swastha ( 1990: 190) memberikan defenisi tentang saluran distribusi sebagai berikut: Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ketangan konsumen sebagai pemakai. Saluran distribusi yang digunakan adalah suatu struktur yang menggambarkan alternativ saluran yang dipilih oleh para produsen seperti: pedagang besar, agen, dan pengencer.

Hal ini produsen mempunyai 3 alternatif yaitu:
a. Distribusi Insentif
Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha menggunakan penyalur terutama pengecer sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen. Usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi kepuasannya.
b. Distribusi Selektif
Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu produk baru (barang special) apabila distribusi ini menguntungkan dari distribusi insentif maka jumlah pengecer atau agen yang digunakan akan lebih terbatas.
c. Distribusi Ekslusif
Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau pengecer dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah dapat mengadakan pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama dengan penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran distribusi merupakan suatu masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang-barang sampai ketangan kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima oleh perusahaan.

4  Promotion (promosi)
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap produk yang dihasilkan.
Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang¬¬¬-barang baru yang diproduksi.

 Analisis Segmentation ,Targeting ,dan Positioning(STP)Dan 4p dalam produk "Lemon vitamin c1000"


Hari ini saya surve ke toko indonesia di daerah kowlon city ,toko ini banyak sekali penghunjung philipine, thailand , jg orang cina hongkong ,saya rencana mau beli minuman di samping cuaca panas jg harus jaga kesehatan milih-milih daper hemaviton & vit c 1000 waduh kesanya nambah stamina begitu ,sekilas mengingat akan tugas minggu ke 7-8 tentang STP & penerapan terhadap 4P, sekarang coba tanamkan menurut teory nya ya,,,,!!!

Analisa produk : Vitamin C lemon C1000

Vit C 1000  adalah nama dagang sebuah minuman energi dari Austria/Thailand. Minuman ini dipasarkan sebagai penangkal kekurangan vit c. Mengandung energi 65 kcal, protein 0 kcal , total fat 0 k ,saturated fat 0 k ,trans fat 0 k ,carbohydrates 16 gram ,sugar 16 gram ,sodium 99 mg ,vit c 1000 mg ,vit e 2,3 mg ,niacinamide 2,3 mg , vit c 1000 mg ,vit E 2,3 mh ,niacimide 2,3 mg ,vit B1 1mg . Jumlah kafein ini sedikit di bawah kandungan satu cangkir kopi (100 mg) .Minuman ini juga dikenal di berbagai negara sebagai Health Drink .


Vit c 1000 adalah pemimpin pasar di kategori Minuman Energi Cair. Beragam perhargaan telah diperoleh dari tahun ke tahun. Kandungannya yang mampu memulihkan stamina menabah vit c  terbukti aman untuk dikonsumsi setiap hari.

PT.Djojonegoro c1000 adalah nama terpercaya sebagai distributor unggul di bidang minuman energi dan kesehatan.

Sebagai distributor tunggal produk  You C1000 Vitamin, You C1000 Water, Torpedo, Red Bull, yang lebih dikenal sebagai produk minuman energi dan kesehatan yang beredar di pasaran Indonesia, PT.Djojonegoro selalu siap untuk memberikan pelayanan dan perhatian khusus yang dibutuhkan oleh semua mitra dagang dan pelanggan dengan kualitas yang memuaskan.

Segmentasi  :

Demografi, penjualan produk vit C 1000 ditujukan untuk para penduduk di Negara maju maupun berkembang yang mulai memberikan perhatian lebih terhadap minuman suplemen guna meningkatkan daya tahan.Vit c 1000 tidak menetapkan wilayah sasaran geografik. Dapat melayani semua segmen pasar. Untuk mendukung keberadaan barang vit c 1000 banyak menyebar dipasar-pasar eceran dibandingkan pedagang besar.

Targeting      :

Pria dan wanita. Berusia remaja sampai dewasa. Atlet, eksekutif, pelajar, yang menghendaki stamina cukup dgn vit c .Berpola pikir dinamis dan energik. Lalu merambah ke pasaran anakmuda sebagai selingan lifestyle anak muda masa kini. Dalam perjalanan waktu, orang tahu, minuman ini juga cocok untuk siapa saja yang menghendaki stamina prima, dari eksekutif, pelajar hingga pekerja pria dan wanita. Bahkan, kini semakin banyak konsumen yang mengonsumsi minuman ini rutin, setiap hari, sesuai anjuran produsen vit c 1000 itu, tiga botol/hari.

Berani menembus semua segmen pasar dari mulai aktivitas olah raga, fun bike, basket, bulu tangkis, sponsor Olah raga, pargelaran music, acara dansa hingga klub malam. dulu minuman berenergi cuma dicitrakan untuk orang yang mau begadang atau pekerja keras. Dalam perjalanan waktu, orang tahu, minuman ini juga cocok untuk siapa saja yang menghendaki stamina prima, dari eksekutif, pelajar hingga pekerja pria dan wanita. Bahkan, kini semakin banyak konsumen yang mengonsumsi minuman ini rutin, setiap hari, sesuai anjuran produsen vit c 1000 itu, tiga botol/hari.

Positioning :

Dari contoh produk yang tersedia,vit c 1000 memberikan manfaat untuk manambah vitalitas.  Vit c 1000 cenderung lebih unggul dibandingkan merek sejenis pada unsur rasa, kandungan dan efeknya pada kebugaran tubuh pada akhirnya perilaku konsumen sebagai pengguna minuman tersebut.

Penerapan 4 P

Produk:

Produk Vit c 1000 merupakan produk liquid menggunakan kemasan botol kecil  netto 140ml.  setiap kemasan mengandung berbagai multivitamin seperti vitamin C, Fresh lemon juice ,fructose ,sugar,flavoring,benibana sofflower yellow ,accid (citric acid)vitamin e , niacinamide , vit B1, dan lain-lain.  Dan konsumen tidak mau mengkonsumsinya tanpa mengetahui manfaat dan efek sampingnya yang dapat merugikan kesehatan.

Produk vit c 1000g memiliki jenis vit c 1000 biasa vit c 1000 dan premium  yang masing-masing memiliki kandungan yang agak berbeda. Untuk jenis premium vit c 1000 lebih tinggi dan ada tambahan vitamin lainya.

Price:

Harga vit c 1000 kemasan botol dalam negeri berkisar antara Rp4.000 untuk vit c 1000 dan Rp5.500 untuk vit c , Harga di hongkong berkisar 6 $ - 7$.Harga yang ditawarkan memang cukup mahal dibandingkan pesaingnya (Extra joss).  Harga bukan sebagai penentu dalam persaingan. Konsumen kembali lagi yang menentukan akan membeli produk yang mana.

Place:

Di semua tempat pembelanjaan , Café, Hotel, Restauran, Pusat kebugaran, warung, kantin, kaki lima, toko kelontong, lapangan golf dan Klub Malam. Kekuatan distribusi vit c 1000  banyak terbantu karena jaringan distribudi kelompok PT. Djojonegoro yang terkenal tangguh.


Promotion:

Bagi produk yang perputarannya cepat seperti minuman berenergi cair ini, iklan memang merupakan faktor yang amat penting. Minuman energi cair tergolong produk low involvement. Artinya, pengambilan keputusan tidak didasari oleh pemahaman atau pemikiran yang mendalam. Akibatnya, iklan memberi pengaruh yang sangat tinggi.

Periklanan adalah permainan kalah atau menang. Jika slogan tanpa arti, itu tidak membantu mereknya. Seperti slogan vit c 1000 “ menjaga kebugaran tubuh ,stamina yg jitu’’yang merupakan tag line yang bisa diterima konsumen.

 Deskripsi advertisment vit c 1000

Seorang wanita disini memakai endorser ‘Merriam bellina ‘yang usianya lebih dari 60 tahun, wanita yang dikatakan sudah tidak berusia muda ini mengkonsumsi vit c 1000 sudah sejak lama sehingga memiliki kondisi yang masih prima sampai saat ini.

Keseimbangan antara kesehatan, kebugaran.
–     Tonality.

Kretif, energik, dinamis.
–     Brand ide.

MENJAGA KESEHATAN TUBUH (HEALTHY INSIDE FRESH OUTSIDE )
–     Brand personification.

Bila VIT C 1000 adalah penyemangat hidup , kesehatan mahal harganya , mencegah lebih baik Dalam perbandingan lain adalah banteng kunci kesehatan
–     Mandatory.

Merek dan logo ‘Vit c 1000". Minuman sebagai penambah vit c 1000. Dengan simbolnya buah lemon yang banyak sekali manfaatnya.
–     Advertising Requirment.

TV commercial, iklan cetak untuk Koran dan majalah.
–     Even promotion.

Dikegiatan lini bawah , Vit c 1000 aktif berpromosi. Tahun 1994 menjadi sponsor tunggal siaran pertandingan Thomas dan Uber cup. Sejak itu Awareness terhadap poduk meningkat pesat.

-Di kegiatan aktivitas olah raga menggelar acara fun bike, juga pergelaran musik, acara dansa hingga klub malam

KESIMPULAN

Dari analisa singkat terhadap STP dan 4P terhadap produk minuman vit c 1000 dapat kita ketahui kekuatan vit c 1000 yang membuat produk ini menguasai pangsa pasar minuman sejenis di indonesia dan sudah menyebar ke beberapa negara ,hongkong , malaysia , taiwan lebih dari 50 % pangsa pasar.

–     vit c 1000 lebih unggul dibandingkan dengan dengan merek sejenis pada unsur kualitas produk.

–     Unsur rasa “taste” kandungan dan efek pada kebugaran tubuh menjadi faktor yang menentukan konsumen memilih produknya. Setiap Negara memilki taste yang berbeda dipengaruhi factor budaya, geografis, perilaku konsumen.

–     Berani menembus semua segmen pasar dari mulai aktivitas olah raga, fun bike, basket, bulu tangkis, sponsor Olah raga, pargelaran music, acara dansa hingga klub malam.

–     Gencarnya promosi di media massa, TVdan sponsor dalam event-event tertentu.

–     Kekuatan distribusi jaringan kelompok PT.Djojonegoro yang terkenal tanggu

Sedikit bicara banyak kerja , jika rajin membaca akan menambah wawasan seperti yang ayuk lakukan , saya hanya membaca dari materi dalam tugas dan juga rajin membaca di google yang ada trus saya simpulkan , terimakasih kepada bapak pembibing bpk Nur agustinus dan ibu dosen poedjiati atas ilmu yang di berikan ,

Sila kritik dan kasi masukan temen-temen yanh sudah singah di blos saya , saya buat blog dalam waktu 3 hari bru siap ,
SALAM ENTREPRENUR ,,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar