Rabu, 08 Mei 2013

JR # 3 SWOT ANALYSIS TOKO BATIK







Saya hanya menambahkan beberapa poin dari pembahasan di atas tentang SWOT

Dalam melakukan analisis strategi suatu perusahaan kita butuh melihat beberapa faktor agar kita mengetahui dimana posisi situasi perusahaan saat ini.
Faktor-faktor tersebut adalah :
1. Strength (Kekuatan)
2. Weakness (Kelemahan)
3. Opportunities (Peluang)
4. Threat (Ancaman)
Kekuatan dan kelemahan merupakan faktor yang dapat ditemukan di dalam internal perusahaan, dan dapat dikendalikan oleh perusahaan. Sedangkan peluang dan ancaman merupakan faktor yang terdapat di luar lingkungan perusahaan dan tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan.

Dalam menentukan faktor-faktor tersebut kita dapat menggunakan pertanyaan sebagai berikut :
1. Strength Apa yang dilakukan perusahaan dengan baik
2. Weakness Kekurangan dari perusahaan, atau hal apa yang tidak dapat dilakukan oleh perusahaan dengan baik
3. Opportunities Faktor eksternal mana yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan
4. Threat Faktor eksternal mana yang dapat mengancam perusahaan, terkadang peluang perusahaan lain juga masuk ke dalam ancaman

Setelah kita mendapatkan semua faktor SWOT, lalu kita merancang Matriks SWOT sesuai dengan faktor-faktor yang telah kita dapatkan. Dengan ini kita akan dapat menemukan situasi perusahaan saat ini, dan dapat mengambil keputusan strategi selanjutnya berdasarkan posisi SO, SW, WT, OT.


,,,,




Batik digemari orang karena keindahannya. Ia merupakan warisan kebudayaan yang sangat indah. Motifnya adalah salah satu daya pikat yang mampu memberikan keindahan tersendiri. 
Seni batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Batik pada awalnya berkembang terutama di pulau Jawa, teristimewa di daerah Solo dan Yogyakarta. Di daerah ini batik menjadi seni tradisional yang turun-menurun hingga sekarang, bahkan sudah sampai ke luar negeri.

Disini saya akan menganalisis SWOT terhadap bisnis yang akan saya jalankan sekarang ini yaitu   Pakaian Batik.
1.      Strengths (kekuatan) :
Pakaian batik yang mudah di temukan di solo ataupun jogja karna saya tinggal di bantul .
Desain batik yang lengkap dan terbaru sesuai dengan trend saat ini.
Produk yang di tawarkan banyak sekali.
Produk yang di tawarkan  terkesan ekslusif (mewah).
Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia
2.      Weakness (kelemahan) :
Butuh banyak ide untuk memilih gambar ketika ingin memposting produk karna pilihan pakaian yang sangat banyak
Tidak bisa membuat produk atau desain sendiri
Tidak bisa memilih bahan utama produk sendiri
3.      Oppurtunities (kesempatan/peluang) :
Modal yang tidak banyak/besar.
Pemasaran akan lebih luas.
Belum banyaknya distro yang menyediakan khusus pakaian batik.
Pakaian batik sudah banyak di gunakan instansi instansi untuk pakaian dinas/resmi.
Pakaian batik adalah pakaian adat masyarakat Indonesia yang sedang di galakkan pemerintah agar tidak di klaim Negara tetangga.
4.      Threads (ancaman) :
Pakaian batik di klaim Negara tetangga lagi
Pada pengiriman jika terjadi kecelakaan atau bencana alam yang menghambat
Munculnya pesaing yang lebih besar dengan harga yang lebih murah

SAYA TERAPAKAN ANALISIS SWOT DALAM USAHA YANG AKAN SAYA JALANKAN
( TOKO BATIK  )

Untuk tugas minggu ke 3 ini tidak sama dengan tugas minggu sebelumnya ,tetapi  Tugas minggu ke 3 ini masih ada kaitanya dengan tugas minggu ke2 ,Hanya saja yg ini lebih memacu pada lokasi .Dimana tempat lokasi atau usaha  keuntunganya apa kekuranganya ,juga peluangnya  dan apa ancamanya .Sebelum saya jabarkan ke analisis swot  atau dengan ide untuk dikembangkan  ,saya akan fahami apa  Analisis SWOT .

hasil atau keuntungan dari bisnis tersebut .Maka dari itu kita herus memperhatikan faktor –faktor yang penting dalam menjalankan kegiatan bisnis ,agar kita tidak menggalami kerugian .Tetapi tidak Setiap dalam melakukan kegiatan usaha atau bisnis pasti ada beberapa faktor yang ada dalam kegiatan bisnis tersebut .Setidaknya ketika kita ingin membangun kegiatan bisnis harus disertai juga dengan perencanaan atau strategi yang matang .Tujuan dari kegiatan  bisnis itu sendiri adalah dimana kita hanya mencari sedikit juga kegiatan bisnis juga mengalami kegagalan ,dan bagi saya kegagalan dalam dunia usaha adalah sesuatu yang wajar yang dapat terjadi untuk memberikan setidaknya penggalaman dimana nantinya bisa bisa menjadi penggalaman yang akan kita benahi .Didalam dunia bisnis kita juga harus memperhatikan hal-hal yang penting agar kita mendapatkan keuntungan dan kelancaran di dalam kegiatan bisnis yg akan saya lakukan .
Didalam dunia bisnis kita menggenal SWOT yang berarti suatu metode perencanaan strategis yang  digunakan untuk mengevaluasi , kekuatan ,kelemahan ,kesempatan dan ancaman terhadap kegiatan bisnis .Sebenarnya SWOT sendiri singkatan dari kata Strengths ,Weakness, Opportunities , dan Threats ,yang masing-masing mempunyai pengertian yang berbeda :
Pertama kata strengths itu sendiri suatu kekuatan didalam usaha terhadap produk yang kita miliki.
Kedua kata  Weakness adalah kelemahan terhadap kegiatan  bisnis  atau produk kita .
Ketiga kata  Opportunities adalah kesempatan atau peluang produk atau bisnis yg kita miliki .
Keempat kata Threats adalah suatu ancaman atau kendala bisnis yang kita hadapi .

Disini saya mau menggalanisis SWOT terhadap bisnis yang akan saya jalankan  sekarang ini yaitu  usaha batik . Jadi setelah saya baca dan fahami  ,saya bisa menemukan ide yg harus saya analiskan di swot ini. Untuk tugas ke 3 ini , dalam lokasi toko batik saya ini.Dalam tugas minggu ke 2 saya memilih lokasi toko di rumah sendiri
Pertama : saya berasal dari bantul ,Jogjakarta di mana kota jogja terkenal  dengan batik jogja  dari motif dan ragamnya termasuk dari batik tulis yg terkenal dari bantul ( gesikan ,pandak ,bantul ) .Inilah peluang saya untuk membuka usaha yg dr jogja saya bawa ke pati, jawa tenggah  di tempat suami .Dikota pati memang banyak juga toko batik yang sudah berkembang , tetapi ini bukan menghalangi ide dan peluang saya untuk tetap membuka peluang toko batik di daerah tersebut 
.
LOKASI USAHA YANG AKAN SAYA JALANKAN
Lokasi milik sendiri dan berada didepan halaman rumah .Berada dipinggir jalan tetapi bukan jalan raya (di gang 10m dari jalan raya )meski bukan dijalur yang besar ,tetapi jalan ini cukup ramai dan dilalui banyak anak pelajar sekolah ,ibu-ibu rumah tangga ,sopir ,guru ,dan pegawai kantor.
Lokasi toko deket dengan sekolah Madrasah /Aliyah  ,dan juga banyak pondok pesantren . Di samping itu juga ramai dengan orang yang datang berziarah ke makam Syeh mizan .Ini juga sebuah peluang untuk toko batik saya untuk saya pasarkan ditempat /lokasi yang banyak pendatang dari beberapa kota di seluruh Indonesia ,untuk datang berziarah .
Walau lokasi toko saya tidak terlalu besar ,tetapi bisa untuk menampung beberapa macam barang dagangan sesuai kebutuhan pelanggan dan nyaman ketika memilih barang yang diinginkan dengan kapasitas batik yang lengkap .Kami juga menggutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan mesti banyak competitor  lainya .
Kalau dilihat dari jalan raya lokasi toko saya hanya terlihat sepaduk besar yang terpampang di depan rumah . Untuk target pasar Dari semua kalangan atas menengah dan ekonami ,ibu rumah tangga ,anak pelajar ,guru ,pegawai dan masyarakat sekitar .
INI ADALAH LOKASI TOKO YANG AKAN  SAYA JALANKAN 



INI FOTO ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,




 KENAPA SAYA MEMILIH USAHA BATIK
Batik digemari orang karena keindahan ,juga merupakan warisan kebudayaan yang sangat indah .Motifnya dalah salah satu daya pikat yang mampu memberikan keindahan tersendiri .Seni batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia  .Batik pada awalnya berkembang terutama di pulau Jawa ,teristimewa di daerah Solo dan Yogyakarta. Didaerah ini batik menjadi seni tradisional yang turun menurun hingga sekarang ,bahkan sudah sampai ke luar negeri .Batik sebagai lambang ciri khas masyarakat Surakarta dan Yogyakarta.

PROFIL Toko  “ Batik Mustika Ayu “
-Batik mustika ayu
-Batik nuasa jawa
-Melayani on line
-alamat : Des : Margoyoso rt 02 /rw 03 ,Kel : Margoyoso
               Kab ; Pati , Jawa tengah ,Indonesia
Kepuasan pelanggan adalah semboyang kami .

ANALISIS SWOT  ( Dalam toko saya )Yang terdiri dari 4 faktor ,yaitu :
Strengths ( kekuatan )
-Memiliki  corak gambar yang istimewa
-Memiliki berbagai jenis batik yg unik ,spesifik ,dan bersejarah
-Kualitas barang terjamin
-Desain batik yg lengkap dan terbaru sesuai dengan tren saat ini
-Produk yang saya tawarkan banyak  ragam jenis batik
-Ppoduk yang saya tawarkan terkesan eklusif ( mewah )
-Menjadi daya tarik para turis yg melancong ke jawa ,atau Negara-negara maju yg melihatnya


Weakness ( Kelemahan )
-Kurang modal usaha
-Proses produksi yang masih tradisional
-Kurang  tenaga  ahli
Tidak bisa membuat produk disain sendiri
-Tidak bisa memilih produk sendiri
-Butuh banyak ide untuk memilih gambar ketika ingin memposting produk
Karena pilihan pakaian yang sangat banyak .
-Tempat kurang strategis
-Lapangan usaha yg kurang

Opportunities ( Peluang )
-Batik sangat popular di kalangan pelanggan
-Pemerintah Indonesia juga telah merayakan hari batik
-Masih banyak peluang untuk memasarkan batik ke Negara-negara asia lainya ,
Atau kota-kota terbesar di indonesia
-Meningkatkan kualitas produk batik kita dengan cara memelihara sarana yg memadahi
- Pemasaran batik akan  lebih meluas
-Pakaian batik sudah byk di gunakan instansi-instansi  untuk pakaian dinas /resmi
-Batik termasuk pakaian adat masyarakat Indonesia yg sedang di galakkan



Threats ( ancaman )
--Banyak ahli yg meniru produk batik ,seperti batik cap yg kendalanya hamper sama dengan batik tulis
-Banyak pesaing dari competitor lain
-Tempat tidak strategis
-Batik nasional tidak kalah menarik
-Perijinan yg susah di peroleh

Ini contoh sketsa analisis swot
Semakin luasnya pasar yang ingin di capai , ingin menembus pasar internasional akan semakin meningkat pula pesaing-pesaing  toko retail batik yang lain .Kesimpulan 4 kunci ini saya harus bisa memanfaatkan untuk mendapat benteng pada  ide bisnis batik .Mengganalisis kekuatan ,kelemahan ,peluang ,ancaman , terus menerus akan membantu bisnis saya tetap didepan permainan dalam usaha saya .Saya berharap beruntung baik seperti orang –orang yg tlah sukses menggunakan analisis swot ini .


SEMOGA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN 
DALAM BUKA USAHA NANTI 

SALAM ENTREPRENUR " AYUK "




2 komentar: