Kamis, 22 Agustus 2013

JR # 12 VIDIO ON LINE

Mengginjak pelajaran selanjutnya buat vidio on line ,resah gelisah karena penasaran  .Untuk memulai buat vidio hehehe ,,, Jadi inget waktu di pt untuk di sotting vidio untuk mencari majikan ,seperti baca puisi klu engak hafal apa yg mau di ucapkan di saat kita bertatap muka dengan camera ,, cesss senyum isin ,,,hehe

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, YouTube menduduki peringat pertama di jajaran situs video online lain. Situs ini sudah sangat akrab terdengar di telinga para peselancar dunia maya dan namanya telah bersinonim dengan istilah berbagi video untuk alasan yang sangat baik.

 Umumnya pengguna menyukai situs ini karena sangat mudah mengunggah video berbagai format dan ukuran.

Youtube adalah sebuah situs web video sharing untuk meng-upload klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Saat ini Youtube telah meluncurkan alat video-editing dengan aplikasi Cloud-based yang memungkinkan orang untuk mengedit video online sebelum meng-upload ke YouTube.



ini lah hasil vidio on line saya , masih kurang sempurnatetapi tetap semangat

Youtube Video Editor memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dengan beberapa video untuk membuat video baru yang lebih panjang, serta memotong awal atau akhir video untuk membuatnya lebih pendek.

Video editor dapat digunakan untuk menambah soundtracks lagunya dengan satu sentuhan saja, dan menyediakan satu sentuhann lain ke Youtube tanpa perlu mengupload ulang klip baru yang pertama kali ditampilkan.

"Ini juga bagus untuk memotong video panjang ke saat yang benar-benar penting.

Tadinya saya benar-benar mumet dan hampir saja nyerah.Sebab berhari-hari utak atik gak bisa-bisa.Ditambah saya download beberapa aplikasi video editor yang hasilnya malah bikin laptop saya eror banyak banget dan membuat laptop saya abis gitu mati,satu hari penuh gak bisa dipake laptop.Saya sudah gak mikir turn in waktu itu.

Ditambah lagi sekarang di kampung jauh dari kota , weww,,,,garuk garuk kepala lemot bget internetnya . Tapi tetap ku engak menyerah . Mumpung bisa free jdi lemot2 ya sabar di tunggu .

Tapi yang ada dalam pikiran saya,bagaimana saya bisa ,bisa dan bisa.Karena saya masih punya kemauan dan usaha terus akhirnya detik-detik terakhir turn in saya mulai mengerti bagaimana mengedit dan membuat video ini.

Terimaksih bpk pembimbing beserta ibu
Bpk Nur Agustinus beserta ibu Poedjiati tan
Atas kesabarannya membimbing kami

Salam entreprenur (^-*),,

JR # 11 TES PASAR


Seperti biasa di hari minggu kita libur ,untuk tugas kita saat ini tes pasar , pada mulanya bingung apasih tes pasar ,,,hehehe .
Pada minggu ini kami melakukan tes pasar ke beberapa teman Nakerwan yang merupakan jumlah domestic terbesar kedua di hongkong setelah Philipina.Yang merupakan pasar potensial bagi para entrepreneur untuk bisa menarik minat mereka dengan penawaran produk/jasanya.

Setelah berjalan untuk mengambil gemana untuk menerapakan tes pasar , banyak juga pesaing -pesaing lainya yg harus kita tahu ide dan inovasi untuk produk kita untuk menarik pelanggan .

Idealnya semua produk sebelum diluncurkan secara luas dilakukan tes pasar terlebih dahulu. Tujuan utama tes pasar untuk melihat respon dan efektivitas strategi marketing yang diterapkan. Di Indonesia, ada beberapa perusahaan yang memilih melakukan tes pasar.

Persentasenya kurang lebih 40-60% produk yang diluncurkan dilakukan tes pasar di daerah tertentu terlebih dahulu. Tes pasar terutama dilakukan untuk produk-produk baru dan produk existing yang dimodifikasi atau diperbaiki.

Keuntungannya cukup banyak, antara lain dapat mengukur respon pasar terhadap produk yang ditawarkan. Demikian pula jika menghadapi sejumlah masalah, maka masalah tersebut dapat dilokalisir, dengan demikian dapat membantu memperkecil risiko.




 Tes pasar juga memberikan waktu kepada tim pemasaran untuk mempersiapkan peluncuran dalam jangkauan yang lebih besar lagi. Dengan tes pasar, tim pemasaran sudah belajar karakteristik produk dan pasar yang dituju. Hal ini akan memperpendek “learning curve” jika kelak peluncuran dilakukan dengan skala yang lebih besar.

Selain keuntungan tentunya ada kerugiannya. Di samping membutuhkan waktu juga dikhawatirkan dapat di-copy oleh pesaing sehingga si pionir akan kehilangan momentum. Kerugian lain jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama (misalnya lebih dari 6 bulan) akan membuat bujet pemasaran tidak efisien.

Oleh sebab itu, lakukan survei atau studi yang mendalam sebelum produk diluncurkan. Jika telah dilakukan, kita butuh tes pasar jika belum yakin akan beberapa aspek pemasaran yang akan diterapkan. Dan jangan lupa untuk membatasi waktu tes pasar dan menentukan kriteria sukses atau tidak sukses tes pasar tersebut. Jangan membiarkan tes pasar berlarut-larut tanpa batas waktu yang jelas.

Kecolongan sudah bukan hal yang asing lagi, mengingat setiap perusahaan besar dan marketing oriented senantiasa mempunyai market intelligence yang kuat. Untuk itu suatu perusahaan harus mempunyai market intelligence dan lebih berhati-hati dalam mengelola perencanaan peluncuran produk baru.

Kadang kebocoran informasi bisa datang dari internal dan jaringan. Tergantung tingkat kemiripannya, jika yang mirip adalah spesifikasi teknis, pastinya kita sudah dapat memperkirakan di mana titik kebocorannya. Persaingan sekarang menuntut kecepatan dan ketepatan.

 Maka perbaikilah time cycle proses peluncuran produk atau program baru agar lebih kompetitif dalam hal waktu.

Tentang market sendiri ada dua hal penting yaitu
1.Bagaimana tanggapan orang terhadap produk kita"
kita bisa membedakan ke dalam empat macam tanggapan orang terhadap produk kita..

4   macam tanggapan itu adalah:

a. Superior/Hebat
b. Bagus/Good
c. Bisa diterima/Acceptable
d. Tidak untuk saya/Not for me

2.Hal yang kedua adalah "keinginan untuk beli/bayar" (willingness to pay)

Ini juga kita bisa bagi dalam 4 tingkatan

a.    Pertama adalah: The price is no object.artinya harga seberapapun, gue beli!

b.     Kedua adalah "minor barrier", artinya ada hambatan tapi kecil...Harganya sih oke terjangkau, tapi mungkin mesti nunggu gajian deh...masih nawar-nawar.

c.      Ketiga  "major barrier", artinya ada hambatan yang makin besar.Misalnya, "kayaknya gue mesti minta izin ke suami dulu untuk beli ini deh, dan sepertinya kagak bakalan yayangku setuju..."

d.       Keempat, "absolutely barrier", halangan yang sangat kuat. "gila bener! harganya segitu? emangnya itu duit semua?"

Masalahnya,ketika promosi juga sering salah sasaran,ini yang jadi hambatan dalam marketingnya.Jadi fokus kepada yang mempunyai anggapan bahwa produk kita hebat dan baik lalu tidak ada hambatan dalam membeli/hambatannya kecil dalam membeli itu lebih baik walau jumlahnya pasti lebih kecil dibanding dengan kelompok yang lain dan harus jeli melihatnya.

 Semoga pembelajaran ini...bisa mengarahkan kita semua para peserta PER 3 menjadi entrepreneur-entreprenur sejati dengan raihan keberhasilan yang baik dan penuh syukur ke hadiratNYA.

Terimakasih  Bapak / ibu pembibing
Pak  Nur Agustinus , ibu Poedjiati tan
 Dosen kami yang selalu sedia membimbing dalam setiap kesulitan yang kami hadapi dalam pembelajaran ini.


Salam entreprenur (^-*),,


Senin, 05 Agustus 2013

J # R 10 Toko on line (Pengertiannya ,Devinisi &,toko online saya )


Dalam 2 minggu ini kita belajar tentang toko Online .. apa sihh toko Online itu??

Toko Online adalah, toko yang menjual berbagai macam barang secara on-line(terhubung dengan internet).

Toko Online adalah web site yang menjadi fungsi seperti kios, kita bisa memesan barang yang kita pilih lalu kita beli dengan cara mengirim uangnya lewat rekening bank. Maka barang yang anda pesan akan diantar kerumah .

Mikir toko on line sampe kebawa kemana- mana ,disaat libur juga rasane penasaran klu blum otak atik toko on line di blog ,waktu pas pergi ke shen zen cina weeh asyikk juga lupa sejenak rilek dan santai ,,,,,,,,hehehe !!!


Jalan2 di zhen shen china 
Bersama mira ,annie , wendy , asehyess seronookkan ,,,,,,,,,
Sepulang dari libur ,langsung aja buka blog pelan - pelan isi alkhamdulillah lumayan dah dapet 20% jadi dah toko on line ku.

Pengertian Toko Online - Sebelum kita melanjutkan tutorial toko online gratis sebaiknya kita tahu dulu apa sie toko online itu ?. Kan gak etis mau membuat toko online eh malah gak tahu apa pengertian toko online itu sendiri :D .

Siapa sie yang tidak pernah mendengar istilah toko online atau dalam bahasa orang jawa di sebutjuga dengan istilah ecommerce atau web store ini yang konon katanya pemasaran produk menggunakan toko online lebih efektif dari pada toko offline.Kalau begitu apa pengertian toko online ?

Dilihat dari segi bahasa toko online terdiri dari dua suku kata yaitu toko dan online.
Toko berarti tempat atau bangunan untuk menjual barang-barang(makanan, minuman, dan sebagainya)jika Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sedangkan Online menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.

Dengan mengetahui pengertian dari dua suku kata yang membentuk toko online tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian toko online adalah tempat dimana terjadinya transaksi jual beli barang yang terhubung langsung dengan jaringan ( jaringan internet).

Begitulah pengertian toko online yang bisa saya simpulkan berdasarkan dari dua suku kata dari toko online dan kesimpulan ini di dasari dari Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Wikipedia.

Seperti yang telah saya sampaikan di artikel saya sebelumnya yang berjudul mulai menulis tutorial toko online saat ini kita sudah mulai memasuki tahapan belajar tutorial toko online gratis jadi artikel pengertian toko online ini sudah bagian dari rangkaian belajar toko online dari saya.

Ketika kita sedang terkoneksi dengan internet, entah itu sedang chatting, browsing, atau yang lain, itu berarti kita sedang online. Karena pada dasarnya online berarti terhubung dengan internet. Sejak internet menjadi semakin familiar bagi semua lapisan masyarakat, sejak itu pula lah banyak tumbuh toko online di sekitar kita. berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh toko online membuat peminat akan toko online tersebut semakin bertambah dari hari ke hari.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi online dan beberapa kata yang berhubungan dengan kata online:

ONLINE

Online adalah menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan upaya penjualan atas produk kita

 KOMUNITAS ONLINE

Komunitas online merupakan tempat berbagi informasi dimana anda bisa menyumbangakan kemampuan anda untuk membuat komunitas yang solid

 BISNIS ONLINE

Bisnis Online merupakan sebuah aktivitas mencari uang di internet yang dilakukan melalui perusahaan (situs) anda sendiri

 TOKO ONLINE

Toko online merupakan website yang digunakan untuk menjual produk melalui internet

 KATALOG ONLINE

Katalog online adalah daftar barang atau jasa yang dijual melalui bisnis online anda

 JASA ONLINE

Jasa online adalah sebuah bisnis yang menjual jasa di dunia maya (internet)

 SUPERMARKET ONLINE

Supermarket online merupakan salah satu dari sekian banyak model bisnis di Internet yang sangat menjanjikan. Anda cukup memajang produk-produk yang anda tawarkan layaknya supermarket di dunia nyata

 GAME ONLINE

Game online adalah permainan komputer yang memerlukan koneksi internet saat kita memainkannya

Bisa juga semak di blog saya ;
 http://ayuvirgojogja.blogspot.hk/2013/05/toko-on-line.html

http://ayuper3.blogspot.hk/2013/05/kelebihan-kekurangan-toko-on-line.html

 Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet. Aktifitas ini biasa juga disebut Belanja Online.


Ketika kita melakukan transaksi di sebuah toko, kita bebas memilih barang yang akan kita beli. Terkadang kita perlu memasukkan barang yang kita beli ke dalam keranjang belanja lalu kita menyerahkan keranjang belanja tersebut kepada kasir untuk dihitung total belanja kita. Sama seperti transaksi di toko biasa, di toko online proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda. Bila di toko biasa kita dilayani oleh manusia, di toko online kita dilayani oleh mesin.

Ini adalah toko on line saya ;

http://ayurajut.blogspot.hk

http://ayuonlineshop2.blogspot.hk

Walaupun masih dalam proses ,tentunya masih mengharap pemasukan dari temen - temen  . Belajar jangan takut salah betulkan ,,,,,,hehehe

Ini adalah blog toko online saya ;

http://ayucollection2.blogspot.hk

Terimaksih ayuk ucapkan kepada bapak pembibing juga ibu
Bpk Nur Agustinus & ibu Poedjiati tan
Atas pembelajaran juga kesabaranya membimbing kami
Salam Entrrprenur (^-*),,







Senin, 22 Juli 2013

Prosedur Perizinan Usaha Kecil


Mengenai perizinan usaha. Ini juga penting untuk dipelajari ,engak usah jauh - jauh bertanya langsung curhat aja ke mbah google hehehe,,,,,,,,,.Biasa klu pagi bangun tidur pasti isi blog dulu ,soalnya lagi penasaran syarate apa aja to buka usaha kui ,sekarang gak penasaran lagi abis jalan -jalan ketemu eyang google sieh ,simmak bareng yuukkk  !!!??? Pembelajaran jurnal yang ke 9 starup yang membahas tentang prosedur perizinan usaha yang akan kita kembangkan setelah pulang ketanah air .

Baru membuka usaha kecil seperti toko kelontong dengan luas ruangan 3x3 meter persegi. dengan penghasilan per hari Rp50.000. Tempat usaha tersebut kontrak dari pemilik tanah. Pertanyaan adalah: 1. Apakah  harus melaporkan/mendaftarkan tempat usaha itu? 2. Bagaimana dengan perizinan untuk pembuatan akta usahanya? Apakah  perlu untuk meminta bukti IMB dari si pemilik tanah tadi?

sebelumnya kami mengambil asumsi bahwa bentuk usaha yang dilakukan adalah bentuk usaha perusahaan perorangan ("Perusahaan Perorangan").

1.    Sebelum melakukan pendaftaran tempat usaha, hal-hal yang perlu diperhatikan:

a.     Perjanjian Sewa Menyewa

Perjanjian yang dilakukan oleh pemilik tanah dan Anda, baik berupa perjanjian tertulis maupun perjanjian lisan harus diperhatikan bahwa objek dari perjanjian tersebut digunakan sebagai kegiatan usaha. Berdasarkan Pasal 1554 jo Pasal 1560 KUHPer, Anda sebagai penyewa wajib untuk menggunakan objek sewa sebagaimana tujuan sewa yang diberikan oleh si pemberi sewa dan tidak diperkenankan untuk mengubah wujud maupun tataan objek yang disewa. Apabila Anda sebagai penyewa tidak menggunakan objek sewa sesuai dengan perjanjian sewa hingga menerbitkan suatu kerugian kepada pihak pemberi sewa, maka pemberi sewa dapat meminta pembatalan perjanjian sewa kepada Anda.

b.     Izin Mendirikan Bangunan ("IMB")

Sebagai bahan perbandingan, apabila bangunan berada di Provinsi Jakarta, maka berdasarkan Pasal 2 Kepgub 76/2000, setiap kegiatan yang akan membangun bangunan/bangunan-bangunan wajib memiliki IMB. Permohonan IMB ini dapat diajukan secara tertulis kepada Gubernur melalui Suku Dinas untuk :
a.      Bangunan Rumah Tinggal;
b.      Bangunan Bukan Rumah Tinggal;
c.      Bangunan-Bangunan.
       
Perlu diperhatikan apakah IMB yang dimiliki oleh pemilik tanah dapat digunakan sebagai tempat usaha atau hanya izin untuk membangun rumah tinggal.

Apabila perjanjian sewa dan IMB yang ada sudah sesuai dengan peruntukan kegiatan usaha, maka Anda dapat melaporkan tempat usaha yang Anda miliki lakukan kepada Pihak Kelurahan setempat.

2.   Perizinan Kegiatan Usaha

Dengan asumsi bahwa bentuk usaha yang dilakukan adalah Perusahaan Perorangan, maka berdasarkan Pasal 1624 KUHPer, persekutuan berlaku sejak adanya perjanjian, jika dalam perjanjian ini tidak disyaratkan syarat lain. Adapun perjanjian yang dimaksud di sini dapat berupa perjanjian tertulis maupun perjanjian secara lisan. Sehingga, untuk Perusahaan Peorangan tidak diperlukan adanya akta perusahaan.

Lebih lanjut terkait perizinan kegiatan usaha, dapat dilengkapi dokumen sebagai berikut :

1.   Tanda Daftar Perusahaan  ("TDP")
Berdasarkan Pasal 1 angka 1 UU 3/1982 yang dimaksud dengan Daftar Perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang ini dan atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan

Adapun yang dimaksud dengan Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba;

Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Permendag 36/2007, diatur bahwa setiap Perusahaan yang berbentuk :
a.    Perseroan Terbatas;
b.    Koperasi;
c.    Persekutuan Komanditer (CV);
d.    Firma (Fa);
e.    Perorangan;
f.     Bentuk Lainnya; dan
g.    Perusahaan Asing dengan status Kantor Pusat, Kantor Tunggal, Kantor Cabang, Kantor Pembantu, Anak Perusahaan, dan Perwakilan Perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilyah Republik Indonesia

Sebagai asumsi apabila bentuk perusahaan yang ingin dibentuk adalah salah satu dari bentuk usaha yang diatur dalam Pasal 2 ayat (1) Permendag 37/07, maka daftar perusahaan wajib untuk dilaksanakan. Apabila bentuk perusahaan yang akan dibentuk adalah perusahaan kecil, maka berdasarkan Pasal 6 UU 3/1982 jo Pasal 4 Permendag 36/2007 terdapat pengecualian kewajiban untuk mendaftarkan daftar perusahaan bagi perusahaan kecil, namun apabila perusahaan kecil tetap dapat memperoleh TDP untuk kepentingan tertentu, apabila perusahaan kecil tersebut menghendaki.

Lebih lanjut yang dimaksud dengan perusahanan kecil adalah:
1.    Perusahaan yang dijalankan perusahaan yang diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pribadi, pemiliknya sendiri, atau yang mempekerjakan hanya anggota keluarganya sendiri;
2.    Perusahaan yang tidak diwajibkan memiliki izin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang; atau        
3.    Perusahaan yang benar-benar hanya sekedar untuk memenuhi keperluan nafkah sehari-hari pemiliknya.

Apabila perusahaan yang akan dibentuk merupakan perusahaan kecil pada dasarnya tidak diwajibkan untuk melakukan pendaftaran perusahaan, namun apabila dihendaki untuk kepentingan tertentu, tetap dapat mengajukan permohonan pendaftaran perusahaan tersebut.

2.   Surat Izin Usaha Perdagangan ("SIUP")
Setiap Perusahaan yang melakukan usaha perdangangan wajib untuk memilki SIUP. Berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf c Permendag 46/2009, terdapat pengecualian kewajiban  memiliki SIUP terhadap Perusahaan Perdagangan Mikro dengan kriteria:
a.   Usaha Perseorangan atau persekutuan;
b.   Kegiatan usaha diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pemiliknya atau anggota keluarga terdekat; dan
c.   Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan.

Namun, Perusahaan Perdagangan Mikro tetap dapat memperoleh SIUP apabila dikehendaki oleh Perusahaan tersebut.

Permohonan SIUP ini diajukan kepada Pejabat Penerbit SIUP dengan melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh Pemilik/Pengurus Perusahaan di atas materai yang cukup serta dokumen-dokumen yang disyaratkan dalam Lampiran II Permendag 36/2007.

3.   Nomor Pokok Wajib Pajak ("NPWP")
Memiliki NPWP atas nama pemilik/ penanggung jawab perusahaan.

4.   Izin Gangguan
Berdasarkan Pasal 1 angka 3 Permendagri 27/2009, yang dimaksud dengan Izin Gangguan adalah pemberian izin tempat usaha/kegiatan kepada orang pribadi/badan di lokasi tertentu yang dapat menimbulkan bahaya, kerugian, dan gangguan, tidak termasuk tempat/kegiatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Berdasarkan Pasal 5 Permendagri 27/2009 dokumen persyaratan Izin Gangguan yaitu sebagai berikut :
a.  Formulir Permohonan, yang sedikitnya memuat :
(i)          Nama Penanggung Jawab Usaha/Kegiatan;
(ii)        Nama Perusahaan;
(iii)      Alamat Perusahaan;
(iv)      Bidang usaha/kegiatan;
(v)      Lokasi Kegiatan;
(vi)      Nomor Telepon perusahaan;
(vii)       Wakil Perusahaan yang dapat dihubungi;
(viii)           Ketersediaan sarana dan prasarana teknis yang diperlukan dalam menjalankan usaha;
(ix)      Pernyataan pemohon izin tentang kesanggupan memenuhi ketentuan    perundang-undangan
b.      Foto copy KTP Pemohon;
c.  Foto copy Surat Izin Lokasi/Domisili;
d.      Foto copy NPWP;
e.  Apabila pemohon adalah pemilik tempat usaha, maka dokumen yang wajib dilampirkan adalah:
(i)          Foto copy Akta Perusahaan (apabila merupakan badan usaha atau badan hukum);
(ii)        Foto copy PBB terakhir
(iii)      Foto copy Surat Kepemilikan tanah;
(iv)      Foto copy IMB/IPB/KRK.
f.  Apabila pemohon adalah penyewa tempat usaha, maka dokumen yang diwajibkan adalah surat perjanjian sewa dengan pemilik tempat usaha.
g.      Surat Persetujuan Tetangga yang diketahui RT/RW setempat.

Izin Gangguan ini diberikan oleh Bupati/Walikota, khusus untuk DKI Jakarta pemberian izin gangguan merupakan kewenangan Gubernur.

Ketentuan mengenai besarnya retribusi Izin Gangguan yang diterapkan di Provinsi DKI Jakarta diatur berdasarkan Pasal 13 (a) Perda 1/2006.

Dasar hukum:
1.      Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek, Staatsblad 1847 No. 23) ("KUHPer");
2.      Undang-Undang Gangguan (Hinderordonanntie) S.1926-226;
3.      Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 46/M-Dag/Per/9/2009 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 36/M-Dag/Per/9/2007 Tahun 2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan ("Permendag 46/2009");
4.      Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 36/M-Dag/Per/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan ("Permendag 36/2007");
5.      Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan Daerah ("Permendagri 27/2009");
6.      Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1 tahun 2006 tentang Retribusi Daerah ("Perda 1/2006").
7.      Keputusan Gubernur Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 76 tahun 2000 tentang Tata Cara Memperoleh Izin Mendirikan Bangunan, Izin Penggunaan Bangunan dan Kelayakan Menggunakan Bangunan di Daerah Khusus Ibukota Jakarta ("KepGub 76/2000")

Jumat, 19 Juli 2013

J # R 9 BMC " Business Model Canvas


Apa itu Business Model ?

Buat kita yang akan memulai suatu bisnis baru atau sedang menjalankan bisnis kadang kita sering bertanya sama diri sendiri atau sama orang kenapa sih bisnis saya ga maju, apa yang salah dengan bisnis saya. Atau saya mendapatkan hasil yang bagus dari bisnis saya saat ini, tapi bagaimana saya mengembangkan bisnis saya? Apa yang bisa saya lakukan untuk mengembangakan bisnis ini? Atau bagi yang lebih advance lagi akan bertanya apa strategi bisnis saya yang akan datang? Bagaimana rupa organisasi saya ke depan?

Pertanyaan2 diatas kadang sulit kita jawab karena kita ga punya alat untuk memotret usaha kita. Untuk mengevaluasi rencana bisnis atau bisnis yang kita sedang jalani kta perlu melihat dari sudut pandang yang jelas dan utuh mengenai model bisnis kita. Nah Business Model Canvas adalah salah satu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat bagaimana rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani. Dengan tool ini kita seakan melihat bisnis dari gambaran besar namun tetap lengkap dan mendetail apa saja elemen2 kunci yang terkait dengan bisnis kita. Dengan demikian kt bisa melihat gambaran utuh yang sangat membantu dalam menjawab pertanyaan2 seputar bisnis kita. Dengan mengevaluasi satu demi satu elemen2 kunci kita jadi lebih mudah menganalisis apa yang kurang tepat, dan pada akhirnya kita bisa mengambil langkah untuk mencapai tujuan bisnis kita.

Business model canvas

Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation menciptakan sebuah framework yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menggambarkan bisnis kita yaitu Business Model Canvas. Pada business model canvas ini ada sembilan kotak yang merepresentasikan elemen2 kunci yang secara umum akan ada pada semua model bisnis. Kesembilan hal adalah :

memiliki sembilan komponen:
CS: Customer Segments (=Para pelanggan)
VP: Value Propositions (=Nilai tambah yang diberikan kepada para pelanggan)
CH: Channels (=Medium untuk berhubungan dengan para pelanggan)
CR: Customer Relationships (=Tipe hubungan yang ingin dijalin dengan para pelanggan)
KR: Key Resources (=Sumber daya utama)
KA: Key Activities (=Kegiatan utama)
KP: Key Partners (=Mitra utama)
C$: Cost Structure (=Struktur biaya)
R$: Revenues (=Pendapatan )

  • Elemen pertama dari kanvas model bisnis, yaituCustomer Segment.Dalam menjalankan roda bisnisnya, pertama-tama organisasi harus menetapkan siapa yang harus dilayani. Organisasi dapat menetapkan untuk melayani satu atau lebih segmen. Penetapan segmen ini akan menentukan komponen-komponen lain dalam model bisnis. Buku ini mencontohkan dua stasiun televisi yang melayani segmen audiens berbeda, memberikan proposisi nilai yang berbeda. Di sini juga disajikan contoh tiga organisasi penerbangan yang melayani tiga segmen yang berbeda.
  • Elemen kedua dari BMC, yaituValue Proposition.Value Propositionadalah manfaat yang ditawarkan organisasi kepada segmen pasar yang dilayani. Tentu saja, value proposition akan menentukan segmen pelanggan yang dipilih atau sebaliknya.Value propositionjuga akan mempengaruhi komponen lain sepertiChanneldanCustomer Relationship. Buku ini menyajikan contoh kreativitas perusahaan ritel di Indonesia dalam menciptakanValue Proposition.
  • Elemen ketiga dalam BMC, yaituChannels. Channelsmerupakan sarana bagi organisasi untuk menyampaikanValue PropositionkepadaCustomer Segmentyang dilayani.Channelberfungsi dalam beberapa tahapan mulai dari kesadaran pelanggan sampai ke pelayanan purna jual. Dua elemen lain yang harus diperhitungkan secara cermat dalam membuat modelChanneladalahValue PropositiondanCustomer Segment.Buku ini menyajikan sebuah perusahaan konsultansi manajemen dan operator telepon seluler sebagai contoh penetapanChannelyang kreatif.
  • Elemen keempat BMC yaituRevenue Stream. Revenue Streammerupakan komponen yang dianggap paling vital. Umumnya organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan. Meskipun demikian banyak organisasi bisa membuka aliran masuk pendapatan dari kantong bukan pelanggan langsung. Buku ini menyajikan contoh organisasi ritel, jasa pengelola jalan tol, dan media penciptaan aliran pendapatan secara kreatif.
  • Elemen kelima dari BMC yaituCustomer Relationship, yaitu cara organisasi menjalin ikatan dengan pelanggannya. Menjaga Buku ini menyajikan sebuah contoh perusahaan infrastruktur, jasa tranportasi darat, dan jasa hotel untuk menunjukkan bahwa model hubungan dengan pelanggan perlu didesain secara kreatif.
  • Elemen keenam dari BMC, yaituKey Activities. Key Activitiesadalah kegiatan utama organisasi untuk dapat menciptakan Proposisi Nilai. Buku ini menyajikan contoh modelKey Activitiesperusahaan penyedia energi listrik dan manufaktur mobil di Indonesia.
  • Elemen ketujuh dari BMC, yaituKey Resources. Key Resourcesadalah sumber daya milik organisasi yang digunakan untuk mewujudkan proposisi nilai. Sumber daya umumnya berwujud manusia, teknologi, peralatan, channel maupun brand. Buku ini menyajikan sebuah contoh perusahaan penerbangan yang fenomenal dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk memberikan nilai yang dijanjikan kepada pelanggan.
  • Elemen kedelapan yaituKey Partnership. Key Partnershipmerupakan sumber daya yang diperlukan oleh organisasi untuk mewujudkan proposisi nilai, tetapi tidak dimiliki oleh organisasi tersebut. PemanfaatanKey Partnershipoleh perusahaan dapat berbentukoutsourcing, joint venture, joint operation, atau aliansi strategis. Buku ini menyajikan kreativitas mendesain modelKey Partnerpada perusahaan jasa perdaganganonlinedan ritel besar.
  • Cost Structure, yang merupakan elemen ke-9 dari BMC.Cost Structureadalah komposisi biaya untuk mengoperasikan organisasi mewujudkan proposisi nilai yang diberikan kepada pelanggan. Struktur biaya yang efisien, menjadi kunci besarnya laba yang diperoleh organisasi. Buku ini menyajikan dua contoh model struktur biaya perusahaan penerbangan dengan segmen pelanggan dan proposisi nilai yang berbeda
Pada tulisan saya sebelum ini, sebagai langkah pertama disarankan untuk membuat business model yang berisi asumsi-asumsi/hipotesa-hipotesa tentang usaha baru saya. Karena masih perkiraan, maka tip-tiap asumsi/hipotesa ini nantinya harus diuji kebenarannya dimana pemahaman baru dari hasil pengujian tersbeut kemudian menjadi masukan untuk memperbaiki business model tersebut. Nah business model itu sendiri apa dulu dan apa isinya?

Menurut saya, penjelasan yang sangat bagus dan sangat praktis tentang business model ditulis oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation; dan penjelasan saya berikut ini akan berdasarkan pemahaman saya atas isi buku tersebut.

Business model pada dasarnya merupakan rasional yang menjelaskan bagaimana suatu organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap suatu nilai tambah (=value). Perhatikan disini business model bukan hanya untuk suatu usaha komersial tetapi untuk organisasi secara umum! Organisasi itu bisa saja suatu usaha komersial, sekolah, instansi pemerintah, yayasan, dan lain-lain. Juga perhatikan disini penekanan akan aspek nilai tambah! Jadi bukan barang yang dihasilkan atau jasa yang bakal diberikan tetapi apa sumbangsih dari organisasi tersebut kepada para pelanggannya yang diperantarakan oleh barang atau jasa yang ditawarkannya.

Syarat dari business model yang bisa hidup adalah jelas bagaimana bisnis ini bisa menghasilkan uang. Jadi kalo kita ditawarin bisnis trus ga jelas revenue stream nya ga jelas bagaimana bisnis tsebut bisa menghasilkan uang, maka ini bukan jenis bisnis yang bisa terus bernafas dan tumbuh.. .if its sounds to good to be true then it is not true, sebuah bisnis yang baik dan mantap harus memiliki arus pendapatan (revenue stream) yang sangat jelas dan masuk akal.

Contoh:

dari lima elemen yang kita sudah rencanakan tadi, kita sudah bisa mulai menuliskan rencana bisnis kita secara sangat sederhana yaitu:
apa yang kita tawarkan kepada konsumen, segmen target konsumen kita dan bagaimana kita menyampaikan penawaran kita kepada target konsumen kt

berikut adalah contoh ide untuk mengisi rencana bisnis, saat ini deket lebaran  jadi kepikiran kue lebaran hehehe, ini salah satu contoh yang sangat sederhana. Disini kita bisa lihat apa yang ditawarkan kepada konsumen, konsumen seperti apa yang jadi target kita, lalu bagaimana menyampaikan penawaran itu kepada masing2 target konsumen. Selalu ingat dalam merencanakan model bisnis kesesuaian semua elemen adalah salah satu kunci keberhasilan rencana kita. Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan segmen konsumen dan cara menyampaikannya pun harus tepat. .


berikut adalah contoh sederhana hubungan ketiga elemen tadi, ini masih contoh jadi masih terbuka kemungkinan untuk menghilangkan, menambahkan masing2 item dalam elemen2 ini:



Mengapa menggunakan Model Bisnis Kanvas ?

Visual Thinking :
Cara terbaik untuk menggunakan BMC adalah untuk mencetak versi berukuran poster besar dan menempelkannya ke dinding. Setelah itu, founder kemudian menggunakan sticky notes seperti post-it untuk mengisi 9 bagian. Sticky notes memungkinkan grup thinking karena setiap orang dalam tim dapat berpartisipasi aktif.

Iterasi dengan cepat :
“Iterasi” adalah proses di mana founder “keluar dari kantor atau labnya” dan mencoba memvalidasi idenya, kemudian kembali lagi ke kantor untuk memperbaiki model bisnis dan produknya berdasarkan feedback yang didapat dari market. Dengan sifat ringkas dan menyeluruh dari bisnis model kanvas, founder bisa dengan cepat melakukan iterasi ini.

Dengan cepat melihat kaitan dari 9 komponen bisnis :
Bisnis Model Kanvas memungkinkan entrepreneur untuk secara visual menggambarkan kaitan dari masing-masing komponen bisnis tersebut. Seringkali founder menggambar garis dan ilustrasi di poster untuk mewakili potongan-potongan teka-teki dan bagaimana mereka bekerja sama. Dengan cara ini, tim dapat menemukan hubungan dari  peluang pasar dan / atau proposisi nilai yang unik. Selanjutnya, tim kemudian dapat mendokumentasikan ide-ide baru sebagai hipotesis baru untuk menguji BMC sebagai iterasi baru.

Memaksa tim untuk dengan ringkas menyampaikan pikirannya :
Karena informasi dicatat dengan pendek pada post-it notes, tim dipaksa untuk menjelaskan dengan tepat dan ringkas apa yang mereka mau untuk menguji atau menindaklanjuti pada iterasi berikutnya.

Bentuk visual dari bisnis model kanvas memudahkan startup untuk membaginya dengan partner, rekan kerja :
Karena bisnis model kanvas disajikan dalam bentuk poster besar dan visual, mudah untuk berbagi melalui foto atau mengambil poster dari dinding untuk  bertemu dengan pihak lain yang berkepentingan.

Terimakasih bapak Nur Agustinus , ibu Poedjiati tan
Atas kesabaranya untuk membibing kami
Salam Entreprenur ,,,

Selasa, 09 Juli 2013

ENTREPRENUR IDOLAKU


MR HADI SULIS
HK 28 APRIL 2012


TUGAS MENGIRIM EMAIL KE ENTREPRENUR IDOLA ,
 Yang pertama dengan beliau Mz Hadi sulis dari Malang jawa timur ,sekilas tentang beliau ,,,,,,,,,, http://ayujogja.blogspot.hk/2013/07/seminar-bersama-mr-hadi-ariliawan.html .
Ayuk mau cerita tentang penggalaman ini , bagaimana cara pdkt ke beliau , yang pertama ayuk pakai via facebook dengan menggirimkan sms , pertama , kedua , ketiga , ke empat tidak ada balasan .Untuk yang ke lima sms Alkhamdullilah dibalas , dengan menggirimkan email yang jelas ms Hadi sudah tahu apa maksud dari isi email saya , dan akhirnya saya meminta untuk wawancara di via facebook , yang isinya saya copy seperti ini :
·          
·         Percakapan dimulai Selasa
·        
15:56
assalamualaikum wr wb
·        
16:02
selamat pagi mz hadi 
maaf menganggu sebelumnya
 
saya ada tugas dari kampus yang isinya :
Kirim surat ke entrepreneur idola
Turn In DUE: Aug 5, 2013
Pilihlah entrepreneur idola Anda, yang Anda merasa ingin kenal dan belajar dari yang bersangkutan. Entrepreneur ini bisa dari berbagai bidang, bisa sosial entrepreneur, bisa pebisnis yang sukses. Nah, salah satu sifat entrepreneur adalah membangun jaringan atau network seluas mungkin. Tugas Anda adalah membuat email, kepada entrepreneur idola Anda tersebut, di mana isinya Anda bsa memperkenalkan diri dan bertanya apa saja ke beliau. Email balasan dari entrepreneur idola anda tersebut, silahkan dikopas (copy paste) ke file word dan kemudian di turn-in di sini. Jika Anda berhasil...
dan ayuk memilih mz hadi sebagai tokoh idola saya ..
ayuk minta emailnya ya mz untuk tugas ini
yang di pandu oleh bpk nur agustinus dari ucec surabaya
termakasih berharap sangat mz hadi membantu saya ,,
·        
16:03
minta emailnya ya mz terimakasih
·         Kamis
·        
01:08
selamat sore mz hadi !
·         Kamis
·        
21:14
Selamat siang mz hadi,,,
·         Jumat
·        
17:31
selamat siang mbk Ayu,,,salam sukses mulia buat kita bersama
·        
18:16
trimakasih balasan nya ' sukses juga buat mz hadi beserta keluarga
·        
18:18
habis ini akan saya kirim beberapa data saya,agar bisa lebih akrab dan lebih kenal jauh dg saya,,,smoga bisa menjadi inspiratif yg bener2 bermanfaat
·        
18:21
selama saya mengikuti kewirausahaan yg mz hadi sampaikan sangat berkesan 'dgn kehidupan saya di kampung dgn memelihara kambing dan jg bgaimana merawat dan seterusnya
Sangat berbangga hati saya ' karena ilmu yg ku dpt begitu bermanfaat untk saya tularkan ke saudara saya nanti di kampung . .
·        
18:29
benar mbk,saya barusan kirim email ke mbk Ayu, oya mbk kalau berbicara kambing memang di kambing itu ada 5 keistimewaan,kalau saya boleh mengibaratkan terdapat 5 emas/intan yang ada di kambing itu sendiri
emas yg pertama : adalah emas merah---> daging kambing
2. emas putih ---> susu kambing
·        
18:32
trimakash banyak mz hadi dah byk sekali membantu ' nanti ayuk cek email saya ,
·        
18:33
3. emas Hitam --> kotoran kambing bisa digunakan untuk pupuk kandang
4. emas biru---> biogas dari kotoran kambing
·        
18:34
Minta di jelaskan untk detailnya ' trimksh
·        
18:35
dan 5. emas kuning dari urine kambing dapat digunakan untuk kesuburan dan pertumbuhan tanaman
·        
18:35
mz hadi silahkan posting dulu 'nanti ayuk ajukan beberapa pertanyaan ' ya
·        
18:38
iya mbk bisa sekarang saja pertanyaannya...
·        
18:46
untk kambing jenis otawa ya mz ? Nah ayuk tanyakan untk makanannya itu bisa apa saja mz?
yg ke 2 minta contoh kandang nya dlm ukuran berapa ? Untk 1 kambing or 2 kambing
untk suntikan vit apa jg perlu ? Berapa bulan sekali? Kira2
·        
18:51
1. untuk makanannya bisa rumput biasa atau rumput gajah, tapi ada suplai tambahan yakni bekatul dan jagung
2. contoh kandangnya bisa saya kirim email mbk...per kambing 1 x 2 m
3. kalau suntikan vitamin bisa dilakukan 6 bln atau 1 tahun sekali itupun kalau kondisi kambing tidak baik,kalau kondisi kambing msh sehat tidak perlu mbk Ayu
·        
18:54
klu daun padi kira2 bgaimana ? Trus klu di keringkan untk stok persediaan kira2 bgaimana ?
kadang org kampung kan gak tahu 'kambing nya sakit jd kita mesti datangkan dokter kira2 biaya dokter hewan tarib berapa ya
Mungkin saya akan mulai dgn skala kecil 3 kambing dulu nanti pulang mau surve keluarga yg siap '
·        
19:02
kalau padi perlu di fermentasi dulu mbk pakai bio spektra,,,untuk bahan bio spectra saya bisa buat mbk.nanti saya berikan ke mbk ayu secara gratis,,, dan itu hasilnya bisa untuk stock pakan kambingnya,,,kalau untuk datangkan dokter hewan tergantung jenis penyakitnya biasanya per kali datang untuk orangnya saja, diluar biaya obat adlh 50-100rb
·        
19:03
Apakah daun singkong itu berbahaya untk di makankan ke kambing mz hadi ? Krn dulu ayuk pernah 3 kambing mati gara2 makan daun singkong yg sudah di jemur
·        
19:04
benar mbk,soalnya kalau di dalam daun singkong jenis tertentu dia terdapat toksin di dalamnya hal tersebut membuat kambing keracunan dan bisa meninggal
·        
19:06
untk obat bio spektra apakah bisa untk rumput juga ( rumput kolonjöno dan daun tebu muda ) karena untk stok di kala musim hujan atau dlm kesibukan tertentu,
,jdi daun singkong berbahaya juga ya ! Pantesan 3 kambing saya mati . . . Lebih awal seblum korban hehehe
·        
19:09
iya mbk ,bio spectra bisa menjadikan rumput semakin kaya akan protein dan bisa di simpan dalam waktu yang lama
·        
19:11
jdi semakin yakin ! Dgn pandangan yg mz hadi sampaikan . Ayuk sudah beberapa kali ternak kambing tp ujung nya jg gk ada hasil krn dampak yg ngurusi kurang telaten dan asal2an kasi makan nya
Untk yg ke 2 kalinya Ayuk mau tanya tentang Alat kedut untk pengawet
·        
19:13
kalau kita bisnis kambing dan produk turunannya memang gak bisa di percayakan penuh pada seseorang namun, harus kita handle sendiri, meskipun itu saudara ataupun teman kita, kita harus tetap super hati-hati mbk
·        
19:14
Untuk jenis minuman apa saja kirä ya ? Di samping susu kambing tersebut ! alat dalam ukuran paling kecil berapa harganya ?
·        
19:14
alat kejut pengawet dapat membuat susu bisa tahan dalam kulkas 1 minggu dan dalam freezer 6 bulan
untuk harga yang paling kecil kapasitas 10 liter adalah 12 juta mbk Ayu
·        
19:16
Iy Untk ke depanya memang ayuk akan berhati2 untk mulai lagi kembangkan kambing di kampung ' kemarin byk juga permintaan warga kalau mereka bersedia menjaga kambing saya , tp mau ayuk surve dulu pulang nanti
klu ayuk yg beli pasti dapat diskon ya ? Hehe
·        
19:17
iya mbk harus di survai langsung,,,mbk ayu tdk boleh gegabah dalam melakukannya...saya doakan semoga bermanfaat dan barokah
·        
19:22
iy Trimakasih banyak jika ayuk ada kesulitan atau pertanyaan sudilah mz hadi menjawab masalah saya nantinya ' dan ayuk juga ucapin byk trimakash untk ilmunya yg udah di shareng ke saya
selamat beraktifitas kembali sukses juga buat mz hadi
·        
19:27
amien makasih jg mbk ayu,smoga dalam diskusi yang sangat singkat ini bisa menambah wawasan buat mbk Ayu,yang nanti dapat menjadi bekal dan modal pengetahuan bisnis...semaga lancar dan SUKSES amien...Salam SULIS
·        
19:29
AKHIRYA AYUK BISA WAWANCARA DENGAN BAIK DENGAN BELIAU MS HADI SULIS  ,Dan setelah membuka email  semua tentang biografi beliau juga di kirim “ pesan beliau Tak kenal Makanya Tak Sayang , Isinya sebagai berikut dari pertama kali ayuk kirim email saya posting copy di sini :

Assalamuallaikum wr wb .. Salam sejahtera
Dengan ini saya :
Nama : muji rahayu (ayuk)
Alamat  : flat b , 12/f prince ritz ,440-450 , pince Edward ,kowloon city , hongkong
No hp : 5600 8537
Saya adalah salah satu dari mahasiswa entrepreneur ship ( ritel per batch 3 ) yang di pandu oleh bapak Nur agustinus  ,untuk tugas saya adalah mencari idola bintang entrepreneur , Dengan ini saya ingin mas hadi sebagai bintang idola saya , di sini saya ingin meng akrabkan diri . Sesuai dengan tugas saya ,,,,,, hiihiii sambil deg deg an nulisnya ….. jgan di ketawain ya ms Hadi …!!!
Mas Hadi adalah salah seorang entrepreneur yang sukses ,setelah menjadi peserta pelatihan entrepreneurship UCEC yang pertama di akhir  tahun 2007lalu .  Yang hebat penemu mesin kedut untuk menjaga susu agar tidak cepat basi .sungguh luar biasa disaat usia muda menjadi seorang tuladan entrepreneur .
Dengan ini saya minta mas Hadi bisa menginspirasikan perjalanan selama menjadi entrepreneur ,dalam suka duka atau bisa memberi  contoh yang simple untuk saya ,Dan saya sangat berterimakasih karena mas Hadi  sudah menjadi bintang idola entrepreneur saya .

Saya tunggu balasan email nya , semoga bisa memaklumi

Wassalamuallaikum wr wb
Ayu ,, salam entreprenur
DAN UNTUK BALASANYA AYUK COPY DI BAWAH INI , SEMOGA BAPAK DOSEN PAK NUR AGUSTINUS & IBU DOSEN POEDJIATI BISA MEMAHAMI NYA ,

Baik mbk ayu dengan senang hati bisa membantu dan semoga bisa menginspirasi yang akhirnya berwujud extion yang nyata...amien




From: Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk>
To:
 hadi_apriliawan@yahoo.com 
Cc:
 ayu rahayu <ayu.beauty437@yahoo.co.uk.com> 
Sent:
 Wednesday, July 3, 2013 12:48 PM
Subject:
 Tugas per batch 3

salamsejahtera semoga mas hadi berkenan , dan dengan senang hati membantu saya untuk tugas saya , terimakasih 
salam entreprenur

Ass.wr.wb.
Mbk Ayu yang saya hormati dan saya banggakan,
salam sukses mulia dari Hadi SULIS, berikut saya kirimkan biografi ttg saya,dan semoga bisa bermanfaat mengawali komunikasi kita di pagi hari ini,

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang




From: Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk>
To:
 hadi apriliawan <hadi_apriliawan@yahoo.com> 
Cc:
 ayu rahayu <ayu.beauty437@yahoo.co.uk.com> 
Sent:
 Friday, July 5, 2013 12:26 PM
Subject:
 Fw: Tugas per batch 3



--- On Wed, 3/7/13, Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk> wrote:

From: Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk>
Subject: Tugas per batch 3
To: hadi_apriliawan@yahoo.com
Cc: "ayu rahayu" <ayu.beauty437@yahoo.co.uk.com>
Date: Wednesday, 3 July, 2013, 6:48
salamsejahtera semoga mas hadi berkenan , dan dengan senang hati membantu saya untuk tugas saya , terimakasih 
salam entreprenur


email yg ke 2 semoga ms hadi bisa terima







   




Foto kandang kambing beserta kambing etawanya



From: Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk>
To:
 hadi apriliawan <hadi_apriliawan@yahoo.com> 
Cc:
 ayu rahayu <ayu.beauty437@yahoo.co.uk.com> 
Sent:
 Friday, July 5, 2013 12:26 PM
Subject:
 Fw: Tugas per batch 3



--- On Wed, 3/7/13, Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk> wrote:


From: Ayu Beauty <ayu.beauty437@yahoo.co.uk>
Subject: Tugas per batch 3
To: hadi_apriliawan@yahoo.com
Cc: "ayu rahayu" <ayu.beauty437@yahoo.co.uk.com>
Date: Wednesday, 3 July, 2013, 6:48
salamsejahtera semoga mas hadi berkenan , dan dengan senang hati membantu saya untuk tugas saya , terimakasih 
salam entreprenur

Dan untuk Biografi beliau ayuk tur in untuk tugas , Terimaksih untuk bapak Nur agustinus dan bu poedjiati atas bimbinganya untuk tugas ini ,Menjadikan saya lebih berani untuk kedepanya , 
SALAM ENTREPRENUR ....... AYU