Selasa, 21 Mei 2013

Kelebihan & Kekurangan Toko ON LINE






Kelebihan

Modal yang relatif kecil.
Untuk membangun bisnis online maka dapat dimulai dalam skala mikro bisnis. Artinya setiap orang berpeluang menjadi pengusaha tanpa dibatasi kendala lokasi di mana dia berada. Biaya yang terbesar untuk membangun bisnis online adalah dalam penyiapan produknya dan membangun web penjualan online atau toko online. Kedua hal tsbpun dapat diminimalkan. Untuk membangun produk , dengan asumsi anda ahli di produk yang akan anda jual maka dapat meminimalkan biayanya. Sedangkan untuk membangun toko online dapat diminimalkan dengan tersedianya open source untuk mengembangkannya. Mikrobisnis.com pun melayani pembuatan toko online dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Pasar yang tidak terbatas.
Pasar yang dapat dituju dalam bisnis online adalah skala global. Membuat produk yang dapat diterima secara global  menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan ketika akan memulai bisnis online ini.

Biaya operasional yang rendah.
Salah satu keuntungan bisnis online adalah anda tidak harus menyewa kantor atau toko untuk membangun bisnis anda. Pembuatan toko online jauh lebih kecil dari pada menyewa sebuah bangunan untuk toko. Toko online anda tidak perlu dijaga dan layanan terhadap pembeli dapat di otomatisasi dengan penambahan fitur pada toko online anda.

 Transaksi 24 Jam
Dengan toko online maka pengunjung dapat melakukan proses pembelian kapan saja mereka menginginkan. Pengunjung dapat juga seolah-olah merasa dilayani karena ditunjang oleh sistem otomatisasi toko online tsb. Sehingga tanpa penjaga, toko online dapat beroperasi dan bertransaksi 24 jam.

Memiliki sistem pembayaran di muka.
Sistem pembayaran yang dimuka yang telah menjadi standar dari bisnis online sangat mengurangi resiko dari pelaku bisnis online..

Kemudahan dalam sistem pembayaran.
Telah tersedia internet Banking dari sebagian besar bank besar di Indonesia sehingga dapat memonitor transaksi local dengan mudah, untuk transaksi global juga dapat menggunakan paypal yang telah diterima oleh sebagian besar bank besar di Indonesia.
Di tunjang dengan otomatisasi metoda pembayaran maka pengelolaan pembayaran menjadi efesien sehingga mengurangi biaya.

Sistem promosi yang Mudah dan murah.
Promosi secara online lewat milis-milis dan forum diskusi praktis hanya membutuhkan kemampuan anda dalam menulis materi promosi yang menjual dan biaya akses internet.
Akses internet yang semakin murah.

Trend yang akan muncul di Indonesia adalah akses internet yang akan semakin murah dan tersedia merata ke seluruh Indonesia. Untuk menghemat biaya akses internet anda dapat memilih provider yang menyediakan akses internet unlimited dengan biaya yang murah. Ada sebuah provider yang menyediakan akses unlimited dengan 50 ribu perbulan walaupun secara umum adalah 100 ribu perbulan. Walaupun anda juga dapat memilih akses bukan unlimited jika kebutuhan anda untuk akes internet tidak terlalu besar.
Dukungan utama terhadap bisnis online adalah adanya sistem pengiriman produk yang profesional.

Resiko yang dihadapi pebisnis online adalah ketika ada masalah dengan delivery produk kepada pembeli sehingga akan menjadi kebutuhan utama untuk bermitra dengan perusahaan yang memiliki sistem pengiriman produk yang professional. Mengabaikan hal ini akan menjadi boomerang bagi pebisnis online. Jika kebaikan dapat menyebar dengan cepat di dunia online maka keburukan atau layanan yang tidak memuaskan dari sebuah bisnis online juga dengan mudah menyebar. Sehingga hal yang patut diperhatikan dalam bisnis online adalah jangan sekali-kali berbuat kesalahan di bisnis online yang merugikan pembeli.

Dapat dikatakan bahwa bahwa bisnis online adalah bisnis yang ‘low cost high impact’ Hal ini berarti bisnis online ini Dengan  dapat dilakukan oleh semua orang maka  mereka yang memulai lebih dulu dan memiliki kreatifitas dalam membangun produk maupun promosi akan menjadi unggul dalam bisnis online ini.


Kekurangan

Banyak terjadi penipuan-penipuan akan terjadi jika pebisnis tersebut tidak memikirkan secara matang resiko dari usaha Online yang akan dia buka,karena perkembangan Teknologi, orang dengan mudah membuat software yang digunakan untuk menipu orang atau membobol bank/ATM, Oleh karena itu anda wajib berhati-hati jika ingin memulai bisnis secara Online.

Hanya bisa menjangkau kota yang terakses internet, Salah satu unsur penting dalam memulai bisnis online yaitu harus bisa terkoneksi Internet, hal ini juga sangat menyulitkan pebisnis. Karena di Indonesia Koneksi Internet masih Mahal dan koneksinya masih sulit. untuk mendapatkannya juga susah karena baru dipasang di daerah perkotaan.
Belum ada Undang-undang mengatur internet marketing
ini yang menjadi salah satu kendala dalam menjalani bisnis Online. karena dengan mudah Orang-orang melakukan penipuan.

seharusnya ada Undang-undang yang mengatur semuanya agar semua penipu/penjahat di dunia inetrnet bisa di basmi.
dengan begitu para pebisnis atu orang yang akan memulai bisnis secara Online tidak lagi khawatir akan adanya penipuan.

Semoga bermanfaat ^-*
Ayu rhaayu ,,

Rabu, 08 Mei 2013

JR # 3 SWOT ANALYSIS TOKO BATIK







Saya hanya menambahkan beberapa poin dari pembahasan di atas tentang SWOT

Dalam melakukan analisis strategi suatu perusahaan kita butuh melihat beberapa faktor agar kita mengetahui dimana posisi situasi perusahaan saat ini.
Faktor-faktor tersebut adalah :
1. Strength (Kekuatan)
2. Weakness (Kelemahan)
3. Opportunities (Peluang)
4. Threat (Ancaman)
Kekuatan dan kelemahan merupakan faktor yang dapat ditemukan di dalam internal perusahaan, dan dapat dikendalikan oleh perusahaan. Sedangkan peluang dan ancaman merupakan faktor yang terdapat di luar lingkungan perusahaan dan tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan.

Dalam menentukan faktor-faktor tersebut kita dapat menggunakan pertanyaan sebagai berikut :
1. Strength Apa yang dilakukan perusahaan dengan baik
2. Weakness Kekurangan dari perusahaan, atau hal apa yang tidak dapat dilakukan oleh perusahaan dengan baik
3. Opportunities Faktor eksternal mana yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan
4. Threat Faktor eksternal mana yang dapat mengancam perusahaan, terkadang peluang perusahaan lain juga masuk ke dalam ancaman

Setelah kita mendapatkan semua faktor SWOT, lalu kita merancang Matriks SWOT sesuai dengan faktor-faktor yang telah kita dapatkan. Dengan ini kita akan dapat menemukan situasi perusahaan saat ini, dan dapat mengambil keputusan strategi selanjutnya berdasarkan posisi SO, SW, WT, OT.


,,,,




Batik digemari orang karena keindahannya. Ia merupakan warisan kebudayaan yang sangat indah. Motifnya adalah salah satu daya pikat yang mampu memberikan keindahan tersendiri. 
Seni batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Batik pada awalnya berkembang terutama di pulau Jawa, teristimewa di daerah Solo dan Yogyakarta. Di daerah ini batik menjadi seni tradisional yang turun-menurun hingga sekarang, bahkan sudah sampai ke luar negeri.

Disini saya akan menganalisis SWOT terhadap bisnis yang akan saya jalankan sekarang ini yaitu   Pakaian Batik.
1.      Strengths (kekuatan) :
Pakaian batik yang mudah di temukan di solo ataupun jogja karna saya tinggal di bantul .
Desain batik yang lengkap dan terbaru sesuai dengan trend saat ini.
Produk yang di tawarkan banyak sekali.
Produk yang di tawarkan  terkesan ekslusif (mewah).
Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia
2.      Weakness (kelemahan) :
Butuh banyak ide untuk memilih gambar ketika ingin memposting produk karna pilihan pakaian yang sangat banyak
Tidak bisa membuat produk atau desain sendiri
Tidak bisa memilih bahan utama produk sendiri
3.      Oppurtunities (kesempatan/peluang) :
Modal yang tidak banyak/besar.
Pemasaran akan lebih luas.
Belum banyaknya distro yang menyediakan khusus pakaian batik.
Pakaian batik sudah banyak di gunakan instansi instansi untuk pakaian dinas/resmi.
Pakaian batik adalah pakaian adat masyarakat Indonesia yang sedang di galakkan pemerintah agar tidak di klaim Negara tetangga.
4.      Threads (ancaman) :
Pakaian batik di klaim Negara tetangga lagi
Pada pengiriman jika terjadi kecelakaan atau bencana alam yang menghambat
Munculnya pesaing yang lebih besar dengan harga yang lebih murah

SAYA TERAPAKAN ANALISIS SWOT DALAM USAHA YANG AKAN SAYA JALANKAN
( TOKO BATIK  )

Untuk tugas minggu ke 3 ini tidak sama dengan tugas minggu sebelumnya ,tetapi  Tugas minggu ke 3 ini masih ada kaitanya dengan tugas minggu ke2 ,Hanya saja yg ini lebih memacu pada lokasi .Dimana tempat lokasi atau usaha  keuntunganya apa kekuranganya ,juga peluangnya  dan apa ancamanya .Sebelum saya jabarkan ke analisis swot  atau dengan ide untuk dikembangkan  ,saya akan fahami apa  Analisis SWOT .

hasil atau keuntungan dari bisnis tersebut .Maka dari itu kita herus memperhatikan faktor –faktor yang penting dalam menjalankan kegiatan bisnis ,agar kita tidak menggalami kerugian .Tetapi tidak Setiap dalam melakukan kegiatan usaha atau bisnis pasti ada beberapa faktor yang ada dalam kegiatan bisnis tersebut .Setidaknya ketika kita ingin membangun kegiatan bisnis harus disertai juga dengan perencanaan atau strategi yang matang .Tujuan dari kegiatan  bisnis itu sendiri adalah dimana kita hanya mencari sedikit juga kegiatan bisnis juga mengalami kegagalan ,dan bagi saya kegagalan dalam dunia usaha adalah sesuatu yang wajar yang dapat terjadi untuk memberikan setidaknya penggalaman dimana nantinya bisa bisa menjadi penggalaman yang akan kita benahi .Didalam dunia bisnis kita juga harus memperhatikan hal-hal yang penting agar kita mendapatkan keuntungan dan kelancaran di dalam kegiatan bisnis yg akan saya lakukan .
Didalam dunia bisnis kita menggenal SWOT yang berarti suatu metode perencanaan strategis yang  digunakan untuk mengevaluasi , kekuatan ,kelemahan ,kesempatan dan ancaman terhadap kegiatan bisnis .Sebenarnya SWOT sendiri singkatan dari kata Strengths ,Weakness, Opportunities , dan Threats ,yang masing-masing mempunyai pengertian yang berbeda :
Pertama kata strengths itu sendiri suatu kekuatan didalam usaha terhadap produk yang kita miliki.
Kedua kata  Weakness adalah kelemahan terhadap kegiatan  bisnis  atau produk kita .
Ketiga kata  Opportunities adalah kesempatan atau peluang produk atau bisnis yg kita miliki .
Keempat kata Threats adalah suatu ancaman atau kendala bisnis yang kita hadapi .

Disini saya mau menggalanisis SWOT terhadap bisnis yang akan saya jalankan  sekarang ini yaitu  usaha batik . Jadi setelah saya baca dan fahami  ,saya bisa menemukan ide yg harus saya analiskan di swot ini. Untuk tugas ke 3 ini , dalam lokasi toko batik saya ini.Dalam tugas minggu ke 2 saya memilih lokasi toko di rumah sendiri
Pertama : saya berasal dari bantul ,Jogjakarta di mana kota jogja terkenal  dengan batik jogja  dari motif dan ragamnya termasuk dari batik tulis yg terkenal dari bantul ( gesikan ,pandak ,bantul ) .Inilah peluang saya untuk membuka usaha yg dr jogja saya bawa ke pati, jawa tenggah  di tempat suami .Dikota pati memang banyak juga toko batik yang sudah berkembang , tetapi ini bukan menghalangi ide dan peluang saya untuk tetap membuka peluang toko batik di daerah tersebut 
.
LOKASI USAHA YANG AKAN SAYA JALANKAN
Lokasi milik sendiri dan berada didepan halaman rumah .Berada dipinggir jalan tetapi bukan jalan raya (di gang 10m dari jalan raya )meski bukan dijalur yang besar ,tetapi jalan ini cukup ramai dan dilalui banyak anak pelajar sekolah ,ibu-ibu rumah tangga ,sopir ,guru ,dan pegawai kantor.
Lokasi toko deket dengan sekolah Madrasah /Aliyah  ,dan juga banyak pondok pesantren . Di samping itu juga ramai dengan orang yang datang berziarah ke makam Syeh mizan .Ini juga sebuah peluang untuk toko batik saya untuk saya pasarkan ditempat /lokasi yang banyak pendatang dari beberapa kota di seluruh Indonesia ,untuk datang berziarah .
Walau lokasi toko saya tidak terlalu besar ,tetapi bisa untuk menampung beberapa macam barang dagangan sesuai kebutuhan pelanggan dan nyaman ketika memilih barang yang diinginkan dengan kapasitas batik yang lengkap .Kami juga menggutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan mesti banyak competitor  lainya .
Kalau dilihat dari jalan raya lokasi toko saya hanya terlihat sepaduk besar yang terpampang di depan rumah . Untuk target pasar Dari semua kalangan atas menengah dan ekonami ,ibu rumah tangga ,anak pelajar ,guru ,pegawai dan masyarakat sekitar .
INI ADALAH LOKASI TOKO YANG AKAN  SAYA JALANKAN 



INI FOTO ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,




 KENAPA SAYA MEMILIH USAHA BATIK
Batik digemari orang karena keindahan ,juga merupakan warisan kebudayaan yang sangat indah .Motifnya dalah salah satu daya pikat yang mampu memberikan keindahan tersendiri .Seni batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia  .Batik pada awalnya berkembang terutama di pulau Jawa ,teristimewa di daerah Solo dan Yogyakarta. Didaerah ini batik menjadi seni tradisional yang turun menurun hingga sekarang ,bahkan sudah sampai ke luar negeri .Batik sebagai lambang ciri khas masyarakat Surakarta dan Yogyakarta.

PROFIL Toko  “ Batik Mustika Ayu “
-Batik mustika ayu
-Batik nuasa jawa
-Melayani on line
-alamat : Des : Margoyoso rt 02 /rw 03 ,Kel : Margoyoso
               Kab ; Pati , Jawa tengah ,Indonesia
Kepuasan pelanggan adalah semboyang kami .

ANALISIS SWOT  ( Dalam toko saya )Yang terdiri dari 4 faktor ,yaitu :
Strengths ( kekuatan )
-Memiliki  corak gambar yang istimewa
-Memiliki berbagai jenis batik yg unik ,spesifik ,dan bersejarah
-Kualitas barang terjamin
-Desain batik yg lengkap dan terbaru sesuai dengan tren saat ini
-Produk yang saya tawarkan banyak  ragam jenis batik
-Ppoduk yang saya tawarkan terkesan eklusif ( mewah )
-Menjadi daya tarik para turis yg melancong ke jawa ,atau Negara-negara maju yg melihatnya


Weakness ( Kelemahan )
-Kurang modal usaha
-Proses produksi yang masih tradisional
-Kurang  tenaga  ahli
Tidak bisa membuat produk disain sendiri
-Tidak bisa memilih produk sendiri
-Butuh banyak ide untuk memilih gambar ketika ingin memposting produk
Karena pilihan pakaian yang sangat banyak .
-Tempat kurang strategis
-Lapangan usaha yg kurang

Opportunities ( Peluang )
-Batik sangat popular di kalangan pelanggan
-Pemerintah Indonesia juga telah merayakan hari batik
-Masih banyak peluang untuk memasarkan batik ke Negara-negara asia lainya ,
Atau kota-kota terbesar di indonesia
-Meningkatkan kualitas produk batik kita dengan cara memelihara sarana yg memadahi
- Pemasaran batik akan  lebih meluas
-Pakaian batik sudah byk di gunakan instansi-instansi  untuk pakaian dinas /resmi
-Batik termasuk pakaian adat masyarakat Indonesia yg sedang di galakkan



Threats ( ancaman )
--Banyak ahli yg meniru produk batik ,seperti batik cap yg kendalanya hamper sama dengan batik tulis
-Banyak pesaing dari competitor lain
-Tempat tidak strategis
-Batik nasional tidak kalah menarik
-Perijinan yg susah di peroleh

Ini contoh sketsa analisis swot
Semakin luasnya pasar yang ingin di capai , ingin menembus pasar internasional akan semakin meningkat pula pesaing-pesaing  toko retail batik yang lain .Kesimpulan 4 kunci ini saya harus bisa memanfaatkan untuk mendapat benteng pada  ide bisnis batik .Mengganalisis kekuatan ,kelemahan ,peluang ,ancaman , terus menerus akan membantu bisnis saya tetap didepan permainan dalam usaha saya .Saya berharap beruntung baik seperti orang –orang yg tlah sukses menggunakan analisis swot ini .


SEMOGA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN 
DALAM BUKA USAHA NANTI 

SALAM ENTREPRENUR " AYUK "




Sabtu, 04 Mei 2013

Basic Principles of Retail Busines



Jur# minggu ke2

”Basic Principles of Retail Busines ”Restoran Mei Ramen


“Basic Principles of Retail Business salah satu buku seri Retail Management yang ditulis oleh Christian Guswai. Dalam buku ini Guswai mencoba memaparkan A to Z tentang bagaimana cara menjalankan sebuah bisnis retail yang professional. Retail is Detail itulah sebuah representasi dari buku terbaru Guswai ini. Sebagaimana buku-buku Guswai terdahulu, Guswai mencoba menyajikannya dengan gaya bahasa sederhana namun mudah dan enak dipahami oleh siapa saja-merupakan siklus sebuah usaha retail yang dipertegas dengan pengalaman sebagai konsultan dan praktisi di bidang ini dengan pengalaman yang sangat luas. Menurut saya buku ini penting dan perlu untuk dibaca oleh para pengusaha retail atau siapa saja yang ingin membangun sebuah usaha retail.”

Pada hari libur biasa ,saya gak ada kegiatan untuk mengisi liburku saya sering shopping bersama temen . Karena cuaca yg dingin sangat mendukung juga untuk makan yang rasa panas ada sup dan pedes jg tentunya .Saya beserta temen-temen menuju di sebuah restoran di cswb yaitu restoran mie ramen .


Dari luar restoran ini kelihatan ramai banyak penggunjung , cahaya lampu yang tidak begitu terang tapi terlihat begitu romantis dan santai untuk senang berkunjung di restoran ini .Detail awal ketika datang di restaurant ini. Bila sedang antri kita langsung diberi nomer antrian. Sambil menunggu nomer kita dipanggil kita bisa duduk sambil minum teh yang ada didepannya. Karena pelayanan yang cepat dan sigap sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama.

Ketika kita masuk kita sudah langsung dilayani oleh pelayan yang menggunakan seragam yang rapi, untuk yang perempuan rambutnya semua diikat rapi dan untuk yg pelayan laki jg rapi dan ramah . Dan pemesanan mereka sudah menggunakan system computer. Bagian yang melayani pemesanan dan yang mengantarkan berbeda orang. Sehingga pelayan bisa memperhatikan kebutuhan pembeli bila membutuhkan tambahan makanan atau lainnya. Suasananya restaurant juga menyenangkan meskipun bukan mewah interiornya. Rasa masakannya yang khas dari jepang tidak pernah berubah . Tidak pernah keasinan, terlalu matang atau over cooked, atau udang juga telur gak ada bau amis. Semua bahannya selalu segar dan enak.  Semuanya seperti terstandart dari waktu ke waktu. Saya juga tidak pernah melihat ada lalat, semut atau anak kecoak yang kadang terdapat dibeberapa restaurant . Ini menunjukan bahwa Restaurant ini selalu menjaga kebersihannya.



Kecepatan pelayanan sangat penting, pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama anatara pemesanan dan selesainya masak. Kecepatan pelayanan ini juga mempengaruhi pengunjung yang sedang menunggu. Begitu pula ketika kita sudah selesai dan membayar. Petugas yang membersihkan langsung dengan sigap membersihkan piring dan meja.

Memperhatikan detail = Hadir saat ini
          Menurut buku ini banyak pengusaha yang meskipun mereka hadir di restaurantnya,namun mereka masih kurang memperhatikan hal-hal detail meskipun itu dalam bentuk yang sangat kecil sekalipun. Misalnya  ketika melihat ada yang tidak bersih di meja  atau bekas orang makan tapi tidak segera dibersihkan sementara masih banyak pengunjung yang mengantri diluar,atau tentang kebersihan toilet yang kurang terjaga yang kadang lantai sangat basah.

Memperhatikan detail = hadir saat ini
               ketika ada pelayang yang tidak rapi atau pelayanannya jelek, pemilik atau yang bertanggung jawab tidak mengingatkan. Atau ketika melihat ada yang tidak bersih atau kotor di dapur, atau tempat makan tetapi dibiarkan. Pada restaurant Mie ramen khas jepang ini saya melihat bagaimana mereka sangat menjaga kebersihannya. Baik di dalam ruang rsetuarant, atau di dapur. Saya selalu melihat bagaimana mereka membersihkan Kaca tempat di tempat masak.

Memperhatikan detail =  Perbaikan Seketika 
        Apabila kita fokus pada hal-hal detail secara seketika maka hasil yang kita dapatkan juga akan kelihatan seketika itu juga. Contoh ; Ketika kita melihat di toilet tisu habis tinggal tempatnya saja kemudian kita segera mengisinya kembali,atau ketika kita melihat ada bagian lampu di ruangan kita yang  rusak kemudian kita segera menggantinya dengan yang baru.


Retail  Modern dan Retail Tradisional keduanya adalah bisnes ritel,perbedaan yang paling mendasar adalah pola pikir sehingga membedakan cara bisnis dijalankan. Dalam konsep swalayan peritel modern lebih mampu melayani jumlah pelanggan lebih banyak dibandingkan peritel tradisional. Menjadi peritel modern atau peritel tradisional adlah pilihan,namun masing - masing mmemiliki konsekuensi sendiri.Ritel modern adalah tuntutan masyarakat yang semakin maju dan memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik,jika kita memilih format ritel modern maka tindakannya pun harus selaras dengan prinsip-prinsip ritel modern..^^

Rabu, 01 Mei 2013

Nasi" Gandul "khas pati


Nasi "Gandul" khas Pati

 
 
Menikmati nasi gandul tentu menjadi salah satu favorit saya saat kunjungan ke pati ( mudik kekampung pati ) .Nasi gandul menyajikan nasi putih yang di siram sejenis gulai khas pati. Isinya potongan danging dan kikil sapi yang empuk dalam kuah kecoklatan yang gurih .Aroma Wangi ketumbar langsung terasa menyambar hidung .Sedikit kecap ditambah ,plus taburan bawang goreng jadi pamungkasnya. Rasa nikmatnya sekali .Gaya penyajianya yaitu dilapisi dengan selembar  daun pisang  .Seporsi nasi gandul rp 7.500 saja . hemm mantep !! Ide bagus untuk mengembangkan nasi gandul khas pati ,Bisa saja saya buka nasi gandul khas Jogjakarta ,,, ^^
 
Bahan nasi gandul :
 
250 gram daging kerbau ,potong kotak
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas ,dimemarkan
1 tangaki serai ,dimemarkan
600 gram nasi
2 sendok makan minyak untuk menumis
 
Bahan Bumbu Halus :
 
8 butir bawang merah
4 siung  bawang putih
2 buah cabai merah
1 cm kencur
1 buah kluwek diambil isinya
1/4 sendok teh jinten
1/4 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1 sendok teh garam
 
Cara Membuat :
 
Tumis bumbu halus ,daun salam ,daun serai dan lengkuas hingga harum .
Masukkan daging lalu aduk hingga berubah warna .
Tuang santan dan masak dengan api kecil sampai daging lunak dan kuah agak mengental .
Sajikan dengan nasi putih hangat .
 untuk 3 porsi .
 
SiLA mencoba semoga bermanfaat ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,^^
 
 
 
 
SOTO" KEMIRI" KHAS PATI
 
 
 
Soto Kemiri khas pati
 
Gak ketinggalan juga nich setiap kali mudik ke kampung pati , mampir di puri jalan menuju ke alun-alun pati . Ada lagi yang special dgn menu soto kemiri . Rugi klu gak coba apa lgi pasti bawa bungkus bawa pulang , Disebut kemiri bukan karena semata -mata berbahan dasar kemiri ,namun lebih karena di lahirkan dan diusahakan secara komersil oleh penduduk desa Kemiri .Soto kemiri bias di temui di warung-warung tenda sepanjang alun-alun kota pada sore-malam hari .Kita juga bias membeli sadel (bagian lengkap ayam ,mulai dari kerongkongan hingga brutu ,termasuk dengan jeroan dan bakal telur ) dengan harga cuman rp 7.500 , rb . di jamin mantap !!1 ^^
 
Bahan :
1 ekor  ayam kampung
1.500 ml air
2 lembar daun salam
100 gram taoge ,diseduh
2 tangki daun seledri ,di iris halus
3 sendok bawang goreng  ,untuk menyajikan
 
Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 suing bawang putih
2 butir kemiri
2 cm kunyit
1 cm kencur
1 1/2 sendok the garam
 
Cara membuat :
 
Rebus ayam dalam air dan daun salam sampai matang .Campur kaldu bersama bumbu halus sambil di aduk hingga bumbu meresap .Angkat ayam lalu suwir-suwir .Masukkan taoge ,ayam suwir dalam mangkok seduh dengan kaldu panas ,lakukan dengan 2kali .Siram lagi dengan kaldu lalu sajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng . Untuk 6 porsi ,
 
sila mencoba & semoga bermanfaat
 yayaya,,,,!!!!!
 
 

 


Selasa, 30 April 2013

JENIS BATIK ,MOTIF & PENJELASANYA

Mengenal batik lebih dekat dan juga penjelasanya ,

Berikut ini adalah macam -macam batik berdasarkan motif dan corak :


Batik KRATON 
Penjelasan awal mula dari semua jenis batik yg berkembang di Indonesia motifnya menggandung makna :fisiolofi hidup ,Batik-batik ini di buat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton .Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang "biasa"seperti motif batik parang barong ,batik parang rusak termasuk batik adem liris dan beberapa motif lainya .




Batik PRINGGODANI
Penjelasan : Nama kesatriyan tempat tinggal Gatutkaca putera Werkudara .Motif ini biasanya ditampilkan dalam warna-warna gelap seperti biru indigo (biru nila )dan soga-coklat ,serta penuh sulur-suluran kecil yang diselingi dengan naga .




Batik SEKAR JAGAD
Penjelasan Salah satu motif batik khas Indonesia ,Motif ini menggandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang  melihat akan terpesona .Ada pula yang beranggapan bahwa motif sekar jagad sebenarnya berasal dari kata "kar jagad "yang diambil bahasa jawa (kar =peta ; jagad =dunia )sehingga motif ini juga melambangkan keagamaan di seluruh dunia .



Batik SIDO LUHUR
Penjelasan Motif -motif berawalan sida (di baca sido ) merupakan golongan motif yang banyak dibuat para pembatik ,kata "sida "sendiri berarti jadi /menjadi/ terlaksana .Dengan demikian motif-motif berawalan "sida "menggandung harapan agar apa yang diinginkan bias tercapai .Mofif sida luhur (dibaca sido luhur )bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi ,dan dapat menjadi panutan masyarakat .




Batik KAWUNG
Penjelasan Motif Kawung  berpola bulatan mirip buah kawung (sejenis kelapa atau kadang juga di anggap sebagai buah kolang kaling )Yang ditata rapi secara geometris .Kadang motif ini juga di intrepsikan sebagai gambar bunga lotus (teratai ) dengan empat lembar daun bunga yang merekah .Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian .Biasanya motif -motif kawung di beri nama berdasarkan besar kecil nya bentuk bulat lonjong yg terdapat dalam satu motif tertentu .Misalnya kawung picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil .Picis adalah mata uang senilai sepuluh senyang bentuknya kecil .Sedangkan kawung bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yan lebih besar dari pada kawung picis .Hal ini sesuai dengan nama bribil ,Mata uang yang bentuknya lebih besar darp pada picis dan bernilai setengah sen .Sedangkan kawung yang bentuknya bulat lonjong lebih besar dari kawung bribil di sebut kawung sen .



Batik SEMEN RAMA
Penjelasan Dimaknai sebagai penggabaran dari 'kehidupan yang seni (kehidupan yang berkembang atau makmur ) .Terdapat jenis ornament pokok pada motif-motif semen .Yang pertama adalah ornament yang berhubungan dengan daratan ,seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat .Kedua adalah ornament yang berhubungan dengan udara seperti garuda ,burung dan mega mendung . Sedangkan yang ketiga adalah ornament yang berhubungan dengan laut dan air ,seperti ular ,ikan dan katak .Jenis ornament tersebut kemunginan besar ada hubunganya dengan paham triloka atau tribuwana . Paham tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia  ,Dunia setengah tempat manusia hidup dunia atas tempat para dewa dan para suci ,Serta dunia bawah tempat orang yg jalan hidupnya tidak benar /dipenuhi angkaramurka .Selain makna tersebut motif semen rama (dibaca semen romo) sendiri sering kali di hibungkan dengan cerita Ramayana yang sarat dengan ajaran Hasta Brata atau ajaran keutamaan kepada Wibisana ketika dinobatkan menjadi Raja Alengka . Jadi semen romo menggandung ajaran sifat -sifat utama yang seharusnya di miliki oleh seorang RAJA atau pemimpin rakyat .



Batik SIDO ASIH
Penjelasan Motif-motif berawalan sida ( dibaca sido) merupakan golongan motif yg banyak di buat para pembatik .Kata  “sido” sendiri berarti jadi /menjadi /terlaksana .Dengan demikian motif -motif berawalan ”sido” mengandung harapan agar yg di inginkan biar tercapai .Maka dari motif Sido Asih adalah harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi  dengan mengasihi antar sesama .




Batik Tambal
Penjelasan tambal memiliki arti tambal bermakna menambal atau memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik ,lahir maupun batin .Dahulu kain batik bermotif tambal dipercaya bias membantu kesembuhan orang yang sakit .Caranya adalah dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan kain motif tambal .Kepercayaan ini muncul karena orang sakit dianggap ada sesuatu" yang kurang" sehingga untuk menggobati nya perlu di 'tambal .



Batik Sido Mukti
Penjelasan  : Sido Mukti merupakan motif batik yang biasanya terbuat dari zat pewarna soga alam .Biasanya di gunakan sebagai kain dalam upacara perkawinan .Unsur motif yang terkandung didalamnya adalah gurda .Motif-motif berawalan "sida" ( dibaca sido ) merupakan golongan motif yang banyak dibuat para pembatik .Kata sida sendiri berarti jadi/menjadi /terlaksana .Dengan motif-motif berawalan "sida "menggandung harapan agar apa yang diinginkan biar tercapai .Salah satunya adalah sido mukti yang menggandung harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin .





Batik Sudagaran
Penjelasan Merupakan motif larangan dari kalangan kraton yang membuat seniman dari kaum sudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat sudagar .Mereka juga mengubah motif larangan sehinga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum .Desain batik Sudagar umumnya terkesan" berani"dalam memilih bentuk ,Stilisasi atas benda-benda atau alam satwa ,maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga dan biru tua .Batik Sudagar menyajikan kualitas dalam proses pengerjaan serta kerumitan dalam menyajikan ragam hias yang baru. Pencipta batik Sudagar mengubah batik keraton dengan isen-isen yang rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik) sehingga tercipta batik yang amat indah .

 

Batik Petani
Penjelasan : Merupakan batik yang di buat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga dirumah dikala tidak pergi kesawah atau saat waktu senggang .Biasanya batik ini kasar dan kagok serta tidak halus .Motifnya turun temurun sesuai dengan daerah masing-masing dan batik ini di kerjakan secara tidak professional karena hanya sebagai sambilan ,untuk pewarna pun di ikutkan ke Sudagar .

Di atas adalah sebagaian macam-macam batik yang ada di Negara kita Indonesia berdasarkan motif atau coraknya .Kita sebagai bangsa harus bangga dan mungkin juga seharusnya memakai karena memiliki kebudayaan yang luar biasa ini .

semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang batik yg selama ini menjadi salah satu budaya kita , jangan lupa koment ya ............!!!!!1 salam


Rabu, 24 April 2013

Kreatif Batik

 
BATIK (atau kata batik ) berasal dari bahasa jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik ".Batik adalah seni melukis di lakukan di atas kain dengan menggunakan lilin atau malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias di atas kain tersebut .Batik juga sebagai warisan budaya harus tetap dijaga dan dilestarikan .Batik juga sebagai puncak mahakarya budaya harus tetap di lihat sebagai hal yang utuh ,yakni simbul kecintaan ,kasih saying ,simbul budaya ,simbul kekuatan sosial masyarakat ,kekuatan ekonomi rakyat dan kekuatan seni yang luar biasa .Batik bukan sekedar sepotong kain tetapi kekuatan inovasi dan kreativitas yang melambangkan kekuatan budaya.Goresan tangan pada kain batik yang di buat para perajin akan menghasilkan produk yang luar biasa karena goresan itu mempunyai makna pesan dan rasa pada diri manusia .
 
Batik di bagi menjadi 2 ciri :
 
            Batik Tradisional:
  1. Ragam hias motif ular, barong ,gemometis,pagoda ,
  2. Coraknya mempunyai arti simbolik
  3. Warna cenderung gelap (putih ,hitam ,coklat ,kehitaman )
  4. Motif ciri khas daerah asal
          Batik Modern :
  1. Ragam hias bebas binatang ,tumbuhan ,rangkaian bunga dll
  2. Corak tidak mempunyai arti simbolik tertentu
  3. Penggunaan warna bebas seperti biru ,merah ,unggu  dsb
  4. Motif tidak memiliki ciri khas daerah asal

 
Bagi pecinta batik bias memilih corak yang di gemari menurut selera
semoga bermanfaat
 
Untuk ide dan inovasi  batik saya sudah turn in ,termasuk denah toko nya
SALAM ENTREPRENUR
3E
 

 
 
 
 
 

Kamis, 04 April 2013

Mengamati " Pasar Ayam"

Pasar Ayam

Ayam adalah salah satu makanan favorit di Negara manapun termasuk Indonesia .Sebagian besar dari anak-anak ,remaja ,hingga orang tua menyukai daging jenis ungas ini .Kebayakan aneka makanan yang bahan bakunya dari ayam juga banyak di minati semua orang .Hingga tak aneh jika restoran ,rumah makan ,warung-warung bernuansa daging ayam terus bermunculan dengan aneka resep masakan penemu masing-masing .Ini juga suatu dorongan untuk meramaikan bisnis di bidang kuliner .
Peluang pasar ayam pedangin. Usaha peternak ayam merupakan usaha yang memberi keuntungan karena termasuk di bidang Agribisnis .Disamping sarana distribusi atau tata niaga,Permintaan pasar juga cukup kuat yang terbesar dimana-mana ,dari mulai pasar tradisional ,warung-warung pinggir jalan ,pedagang sayur keliling hingga supermarket .
Untuk berternak sendiri kita juga bias memasarkan ayam langsung ke konsumen biasa  juga melalui pedagang penggumpul  , pedagang eceran atau pedagang  besar .Dengan pola mandiri ,Kita menjalankan usaha ternak dengan menggunakan modal sendiri , aktifitas sendiri tanpa terikat dgn yang lain .Untuk memasarkan biasanya kita sudah didatangi para pedagang penggumpul atau pedagang yg sudah berlengganan dgn usaha ternak kita .Kebanyakan pedagang penggumpul berasal dari desa setempat dan tidak sedikitnya masih mempunyai hubungan kerabat .
Jika semua modal ditanggung oleh perusahaan ini disebut pola plasma inti .Dimana dalam perusahaan plasma inti perusahaan mendatangkan terlebih dahulu kesepakatan atau kontrak harga jual ayam pedaging ketika panen dilakukan .Dengan demikian para peternak bias memasarkan mana yang dipilih menurut peternak bias menggambil keuntungan .Yang penting para peternak tidak rugi dan sekurang-kurangnya memperoleh pendapatan sesuai dengan jerih payahnya .Para pedagang juga tidak mementingkan diri sendiri sebab dalam jangka panjang kontinuitas usaha harus diutamakan dengan menciptakan perdagangan yg adil bagi semua pihak bagi pedagang sendiri maupun peternak .